DetikNews
Rabu 16 Agustus 2017, 21:36 WIB

KPK akan Kirim Perwakilan di 9 Daerah untuk Cegah Korupsi

Nur Indah Fatmawati - detikNews
KPK akan Kirim Perwakilan di 9 Daerah untuk Cegah Korupsi Gedung baru KPK (Foto: Rachman Haryanto)
Jakarta - Untuk memerangi dan mencegah tindak pidana korupsi, KPK akan mengirim perwakilannya ke 9 daerah. Mereka di sana akan mengawasi kegiatan hingga pembangunan di daerah tersebut untuk mencegah adanya praktik korupsi.

"Ya kita bergerak saja secara senyap gitu. Tetapi ada orang yang bertanggung jawab day by day di 9 wilayah itu. Hari per hari dia memerhatikan apa-apa yang ada di daerah itu. Dan kita harapkan, kita kemarin dikasih waktu 2 minggu kepada mereka untuk bisa menentukan siapa yang bertanggung jawab di daerah itu," ungkap Wakil Ketua KPK Saut Situmorang kepada wartawan di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (16/8/2017).

Saut menyebut akan ada banyak senior yang turun dalam program ini. Lokasinya antara lain di Kalimantan, Sulawesi, Papua, Sumatera, Maluku, Jawa, Banten, DKI Jakarta, dan lain-lain. Saut mengatakan, pimpinan juga sudah membahas program ini dengan Sekretaris Jenderal (Sekjen) KPK Bimo Gunung Abdul Kadir.

"Karena orang itu ada di Jakarta, kita belum bicara karena nggak ada perubahan signifikan anggaran. Karena dia berada di Jakarta. Orang itu, mungkin kita akan sewa rumah berapa lama (di daerah), itu nggak signifikan," ujar Saut.

Akan ada banyak pergerakan dalam program ini, namun sifatnya senyap. Pihaknya juga akan menyewa rumah untuk dijadikan safe house di daerah-daerah itu.

"Ya itu. Safe house," sahutnya.

Pimpinan KPK lainnya, Laode M Syarif mengatakan program ini kemungkinan akan berjalan tahun depan.

"Ada KPK perwakilan di 9 regional. Tapi model kantornya kami sendirikan supaya nggak diketahui banyak orang. Mudah-mudahan awal tahun depan sudah berjalan," harap Laode M Syarif saat memberi arahan kepada Kepala Desa (Kades) dan Lurah teladan sebelumnya.
(nif/rvk)
kpk
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed