DetikNews
Kamis 10 Agustus 2017, 17:24 WIB

Asops Kapolri: Hotspot di Riau Turun 18,69 Persen

Mei Amelia R - detikNews
Asops Kapolri: Hotspot di Riau Turun 18,69 Persen Asisten Operasional (Asops) Kapolri Irjen Mochammad Iriawan. (istimewa)
Jakarta - Polri bersama instansi terkait terus menangani kebakaran hutan dan lahan (karhutla) zona Sumatera di Riau. Dibandingkan pada 2016, hotspot di Riau pada tahun ini mengalami penurunan hingga 18,69 persen.

"Penurunan hotspot tahun 2016 dari 3.915 titik dan di tahun 2017 sampai dengan Juli ini menjadi 732 titik atau turun 3.183 titik atau sekitar 18.69%," ujar Asisten Operasional (Asops) Kapolri Irjen Mochammad Iriawan kepada detikcom, Kamis (10/8/2017).

Kebakaran hutan dan lahan di Riau menjadi salah satu atensi Polri. Sebab, Riau berdekatan dengan negara tetangga, seperti Singapura dan Malaysia, sehingga sering dikeluhkan.

Asops Kapolri: Hotspot di Riau Turun 18,69 PersenAsisten Operasional (Asops) Kapolri Irjen Mochammad Iriawan. (istimewa)


Dalam upaya penanggulangan karhutla ini, sesuai dengan program Promoter Kapolri, tim monitoring Polri menggelar rapat dengan pejabat Polda Sumsel, Aceh, Sumut, Jambi, dan Riau pada Rabu (9/8). Dalam kegiatan itu, Iriawan hadir memberikan pengarahan.

"Saya menyampaikan, penanggulangan karhutla sampai bulan Juli 2017 terjadi penurunan, baik jumlah hotspot, area kebakaran, dan perkara yang ditangani, baik pelaku perorangan maupun korporasi," sambungnya.

Asops Kapolri: Hotspot di Riau Turun 18,69 PersenAsisten Operasional (Asops) Kapolri Irjen Mochammad Iriawan. (istimewa)


Menurut Iriawan, penanggulangan karhutla harus ditangani, baik dengan mencari solusi dan inovasi dalam penanganan kebakaran melalui langkah pencegahan maupun menegakkan hukum yang tegas.

"Hari ini kita ada apel siaga di 9 polda yang terdapat kerawanan terjadinya kahurtla dalam rangka asistensi kesiapan masing-masing Polda," ujarnya.

Dalam kunjungannya ke Riau, Iriawan dan tim dari Baharkam Polri menyempatkan diri memonitor teknik modifikasi cuaca (TMC) di Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, posko terpadu karhutla Provinsi Riau, dan peninjauan lokasi kebakaran hutan melalui udara.
(mei/idh)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed