detikNews
Kamis 10 Agustus 2017, 11:07 WIB

Veteran Banten Gelar Upacara di Taman Makam Pahlawan

Muhammad Iqbal - detikNews
Veteran Banten Gelar Upacara di Taman Makam Pahlawan Foto: Veteran Banten Gelar Upacara di Taman Makam Pahlawan (Iqbal-detikcom)
Jakarta - Sekitar 30 veteran dari berbagai daerah di Banten menggelar upacara peringatan Hari Veteran Nasional 2017 di Taman Makam Pahlawan Ciceri, Kota Serang, Banten. Upacara itu juga diisi dengan tabur bunga di makam para pahlawan telah wafat terlebih dahulu.

Upacara itu berlangsung sederhana dan khidmat, rata-rata peserta upacara sudah berusia sepuh namun mereka tetap semangat mengikuti upacara.

Ketua DPD Legium Veteran Republik Indonesia (LVRI) Banten, TB. Djanawi mengatakan, saat ini nasib para pejuang mulai dari zaman kemerdekaan hingga pembebasan Papua Barat itu berangsur membaik. Saat ini perhatian pemerintah sudah mulai dirasakan dengan dinaikannya gaji para veteran.

"Alhamdulillah sekarang sudah ada perhatian dari pemerintah, dulu sama sekali pendapatan itu pas-pasan, sekarang ada lumayan tambahannya, dari Antam sudah ada perhatian," ujarnya kepada wartawan di Kota Serang, Kamis (10/8/2017).

Veteran Banten Gelar Upacara di Taman Makam PahlawanFoto: Veteran Banten Gelar Upacara di Taman Makam Pahlawan (Iqbal-detikcom)


"Gaji sesen ditambah dua sen, (dari pemerintah daerah) ada juga hibah untuk kegiatan jadi hibah itu untuk kegiatan veteran karena kita itu berorganisasi karena organisasi itu tanpa yang tidak bisa," lanjutnya.

Para veteran itu pun berpesan kepada anak bangsa agar bersatu melawan siapa saja yang ingin merebut dan merongrong kemerdekaan Republik Indonesia. Ia mencontohkan beberapa kelompok yang ingin merebut kekuasaan di Indonesia seperti ISIS.

"Jelas musti kita giat, waspada untuk ekstrem kiri ekstrem kanan kita ini dirongrong lah, ada ISIS ada narkoba lah sudah luar biasa yang tidak senang sama Pancasila seakan-akan dia mau mengganti mau merebut kekuasaan di Indonesia, mana bisa?"

Veteran Banten Gelar Upacara di Taman Makam PahlawanFoto: Veteran Banten Gelar Upacara di Taman Makam Pahlawan (Iqbal-detikcom)


Kepada para pemuda Indonesia, Djanawi mengharapkan agar para pemuda mendalami nilai-nilai Pancasila agar para pemuda tidak terpengaruh oleh doktrin para perongrong kemerdekaan Indonesia.

"Untuk mendalami apa arti Pancasila, dasar negara kemudian daripada jiwa kesatria itu tertanam di sanubarinya, jadi patriotismenya. Tapi kalau lepas begitu pro sama komunis hancur kita," tegasnya.
(rvk/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed