DetikNews
Selasa 08 Agustus 2017, 11:39 WIB

Polisi Gelar Rekonstruksi Penyelundupan 1 Ton Sabu di Anyer Besok

Mei Amelia R - detikNews
Polisi Gelar Rekonstruksi Penyelundupan 1 Ton Sabu di Anyer Besok Tersangka penyelundup sabu 1 ton. (Hasan Al Habshy/detikcom)
FOKUS BERITA: Penyelundupan 1 Ton Sabu
Jakarta - Pihak kepolisian akan kembali melakukan rekonstruksi kasus penyelundupan 1 ton sabu. Rekonstruksi dilakukan di Pantai Anyer, Serang, Banten, pada Rabu (9/8/2017) besok.

"Rencananya, rekonstruksi besok pagi di Serang. Kita ingin melihat bagaimana proses pendistribusiannya dari laut ke daratan," ujar Direktur Narkoba Polda Metro Jaya Kombes Nico Afinta kepada detikcom, Selasa (8/8).

Dalam proses rekonstruksi ini, polisi akan membawa para tersangka yang menerima barang di dermaga eks Hotel Mandalika dan kru kapal yang mengirimkan barang. "Kalau untuk kru kapalnya nanti paling tiga orang saja, yang mengantarkan pakai perahu karet," ungkap Nico.

Rekonstruksi akan dijaga oleh aparat kepolisian. Sekitar 20 polisi akan mengamankan proses rekonstruksi.

Seperti diketahui, tim gabungan dari Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya dan Polresta Depok di bawah pimpinan Kombes Nico Afinta dan Kombes Herry Heryawan berhasil menggagalkan penyelundupan 1 ton sabu di Pantai Anyer, Banten, Kamis (13/7) lalu. Empat WN Taiwan penerima barang ditangkap, satu di antaranya tewas karena melawan polisi.

Sabu tersebut diangkut dari perairan Myanmar oleh 5 kru kapal Wanderlust. Mereka berhasil ditangkap oleh tim Bea-Cukai Batam dan Polda Kepri di perairan Tanjung Berakit.

Kapal tersebut bertolak dari Pelabuhan Kaishong City, Taiwan, sejak 17 Juni 2017. Dari Taiwan, mereka berlayar ke perairan Johor, Malaysia, lalu berhenti di Myanmar untuk mengambil barang yang dipindahkan dari kapal satu ke kapal lainnya.

Sabu tersebut kemudian disimpan di kompartemen tambahan di belakang kapal. Dari Myanmar, jaringan ini menyusuri pantai barat Sumatera, lalu turun ke selatan hingga ke Selat Sunda dan mencapai Pulau Sangiang, Banten.

Diduga, sabu diturunkan dari kapal Wanderlust ke dua unit perahu karet saat berada di Pulau Sangiang. Dari situ, tiga pengantar membawa sabu menggunakan perahu karet lalu menyerahkannya ke 4 WN Taiwan yang berada di dermaga eks Hotel Mandalika.
(mei/rvk)
FOKUS BERITA: Penyelundupan 1 Ton Sabu
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed