DetikNews
Sabtu 05 Agustus 2017, 15:55 WIB

Ketua MPR Nilai Kesenjangan Jadi Tantangan Bangsa Indonesia

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Ketua MPR Nilai Kesenjangan Jadi Tantangan Bangsa Indonesia Foto: Dony Indra Ramadhan/detikcom
Bandung - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menilai saat ini bangsa Indonesia tengah menghadapi kesenjangan-kesenjangan yang dapat meruntuhkan nilai bangsa. Kesenjangan itu harus segera dihentikan.

Hal itu dikatakan Zulkifli dalam pidato pembukaan seminar nasional bertajuk 'Mosi Integral Moh Natsir' yang berlangsung di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Jabar, Sabtu (5/8/2017).

"Adanya kesenjangan dalam kehidupan bangsa saat ini. Kesenjangan antara pusat dan daerah, Jawa dan luar Jawa, kesenjangan antara kaya dan miskin," kata Zulkifli dalam pidatonya.

Menurut Zulkifli, kesenjangan tersebut dapat menghasilkan kecemburuan di tengah-tengah masyarakat. Hal inilah, sambung dia, yang menjadi tugas bersama baik pemerintah maupun masyarakat untuk dihentikan.

"Di MPR, kecemburuan itu mengarah kepada kelompok tertentu. Ini yang harus dihentikan," kata dia.

Selain adanya kesenjangan, tambah Zulkifli, bangsa Indonesia juga saat ini tengah dihadapi dengan memudarnya nilai-nilai yang luhur. Selain itu, ia juga menyebut adanya silang sengketa, saling memfitnah, dan saling menyakiti menjadi tantangan bangsa Indonesia juga saat ini.

Mosi integral Moh Natsir, sambung Zulkifli sudah dengan tegas mengandung semangat persatuan. Hal itulah, kata dia, yang saat ini perlu dipertahankan untuk mengatasai tantangan banhsa saat ini.

"Mosi integral mengandung semangat persatuan bangsa dengan ingin menyatukan. Penghormatan itulah yang harus dipertahankan hari ini sampai kapanpun termasuk apa yang dilakukan MPR saat ini," tuturnya.
(jor/jor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed