DetikNews
Kamis 03 Agustus 2017, 20:54 WIB

Sita Mobil Pakai Surat dari 'Jenderal', 3 Debt Collector Ditangkap

Mei Amelia R - detikNews
Sita Mobil Pakai Surat dari Jenderal, 3 Debt Collector Ditangkap Mobil yang diamankan polisi dari debt collector. (Istimewa)
Mataram - Polsek Cakranegara, Mataram, menangkap tiga debt collector yang menarik mobil dari nasabah yang mengalami kredit macet. Mereka membawa surat jalan yang diklaim dari seorang jenderal di Provos Polri untuk menarik kendaraan tersebut.

Kapolsek Cakranegara Kompol Haris Dinzah mengatakan ketiganya ditangkap pada Kamis (3/8/2017) sekitar pukul 16.00 Wita setelah mendapatkan laporan dari pihak leasing. Para pelaku mengaku suruhan seorang jenderal polisi.

"Jadi awalnya, kami mendapatkan laporan dari pihak ACC Finance, bahwa ada tiga orang yang menyita mobil milik ACC Finance ini, dengan membawa surat jalan atas nama Karo Provos Polri Brigjen EMB. Mereka ini mengaku debt collector dari Bandung," ucap Haris kepada detikcom, Kamis (3/8/2017).

Mobil bermerek Honda Brio yang dirampas ketiga pelaku milik ACC Finance, yang sudah ditarik dari debitur yang mengalami kemacetan. Namun, ketika pihak leasing membawa mobil tersebut, tiba-tiba mereka dicegat ketiga pelaku.

Sita Mobil Pakai Surat dari 'Jenderal', 3 Debt Collector DitangkapFoto: Istimewa


"Pihak korban dari ACC Finance ini bahkan sempat dihubungi oleh seseorang yang mengaku sebagai Brigjen EMB yang mengatakan (ke korban) bahwa dia adalah pembina seluruh finance di Indonesia," ucapnya.

Mereka juga memperlihatkan sejumlah surat jalan yang ditandatangani Brigjen EMB ini. Polsek Cakranegara pun langsung melakukan pengecekan ke Mabes Polri terkait dengan identitas 'jenderal' tersebut.

"Setelah kita cek, ternyata surat-suratnya palsu. Kita juga cek ke Mabes Polri, memang ada nama EMB di Provos, tetapi sudah pensiun dan pangkat terakhirnya Kombes, bukan Brigjen," sambungnya.

Setelah mendapat kepastian, pihak kepolisian pun langsung mengejar ketiga pelaku. Mereka kemudian berhasil ditangkap saat melintas di dekat Polsek Cakranegara.

"Kami masih mendalami ketiga tersangka ini, siapa yang menyuruh mereka. Apakah mereka ini ada hubungannya dengan pemilik debitur yang mengalami kemacetan atau tidak, dan kami juga masih mendalami siapa sebenarnya yang mengaku Brigjen EMB itu," terang dia.


Debt collector yang ditangkapDebt collector yang ditangkap (Istimewa)

Ketiga pelaku adalah Andre Kristianto (43), Ijhwanto (48), dan Bambang Irawan (44). Mereka saat ini diamankan di Polsek Cakranegara.

Sementara itu, polisi menyita barang bukti berupa surat dinas perjalanan yang ditandatangani 'Brigjen EMB', kartu tanda anggota (KTA) Brigjen EMB, 1 unit mobil Honda Brio, 1 buah kunci kontak mobil, dan surat pernyataan serah-terima dari ACC Finance ke para pelaku.
(mei/fdn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed