DetikNews
Rabu 02 Agustus 2017, 18:45 WIB

Pesan 1,2 Juta Pil Ekstasi, Napi Aseng Kirim E-Mail via HP

Dwi Andayani - detikNews
Pesan 1,2 Juta Pil Ekstasi, Napi Aseng Kirim E-Mail via HP Anak buah Aseng, Liu Kit Tjung (ari/detikcom)
FOKUS BERITA: Penyelundupan 1 Ton Sabu
Jakarta - Penghuni LP Batu, Nusakambangan, memesan 1,2 juta pil ekstasi dari Belanda. Ia menggunakan HP dari dalam lapas untuk mengirim pesanan ke koleganya di Belanda dan diurus oleh rekannya di luar penjara di Tangerang.

"Diindikasikan pengendalinya adalah dari Lapas Batu, atas nama Aseng. Yang sudah kami periksa yang bersangkutan mengakui, melakukan komunikasi dengan telepon. Pendalamannya akan dilakukan oleh kepolisian, tindak lanjutnya," kata Plt Dirjen Pemasyarakatan Ma'mun dalam jumpa pers di kantornya, Jalan Veteran No 11 Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (2/8/2017).

Pesan Aseng dikirim lewat e-mail dari Nokia miliknya. Atas kejadian itu, pihak LP telah mengambil tindakan tegas terhadap Aseng.

"Ditindaklanjuti dengan hukuman disiplin berupa hukuman sunyi, diisolasi, dan dipindahkan dari Lapas Batu ke Lapas Pasir Putih, Nusakambangan," ujar Ma'mun.

Pemindahan ke sel isolasi itu dilakukan hari ini sekitar pukul 14.30 WIB.

"Berikutnya tim pemeriksa juga masih melanjutkan pendalaman tentang asal-usul HP ini. HP ini dari mana apakah di sana ada keterlibatan petugas. Juga mungkin ada pihak pihak lain yang sekarang sedang didalami. Nanti kalau ada pengembangan lebih, nanti kami sampaikan kepada teman-teman media," tutur Ma'mun.
Anak buah Aseng, Erwin (ari/detikcom)Anak buah Aseng, Erwin (ari/detikcom)

Sebagaimana diketahui, aparat mengendus Aseng menggunakan e-mail mengimpor 1,2 juta pil ekstasi dari Belanda. Dalam aksinya, Aseng menggunakan kaki tangannya di luar penjara. Pada akhir Juli lalu, aksi itu terungkap. Polisi menembak mati 1 orang dan dua lainnya dibekuk.
(asp/rvk)
FOKUS BERITA: Penyelundupan 1 Ton Sabu
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed