detikNews
Selasa 01 Agustus 2017, 17:30 WIB

Efek Narkoba Liquid High, Rasanya Bikin Fly Seperti Ganja

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Efek Narkoba Liquid High, Rasanya Bikin Fly Seperti Ganja Liquid high yang disita polisi. (Kanavino Ahmad Rizqo/detikcom)
Jakarta - Polisi menetapkan 3 tersangka dalam pengungkapan peredaran narkoba liquid high. Narkoba itu disebut jenis baru yang penggunaannya diisap dengan vape.

Salah seorang tersangka atas nama Gantes Watimuri menyebut efek penggunaan liquid high itu seperti ganja. "Rasanya fly seperti ganja, dapat dari orang lain, dari orang dalam negeri," ujar Gantes di Mapolda Metro Jaya, Jalan Sudirman, Jakarta, Selasa (1/8/2017).

Sementara itu, Kasubdit 2 Ditnarkoba AKBP Doni Alexander mengatakan pemakai narkotika jenis tersebut bisa sampai muntah akut. Menurutnya, cairan tersebut merupakan narkotika sintesis jenis baru.

"Punya kandungan yang hampir sama dengan ganja. Setelah menggunakan ini, efek fly sampai muntah akut kepada pengguna," kata Doni.

Doni menjelaskan liquid high ini dijual seharga Rp 2,5-3 juta untuk ukuran besar dan Rp 300 ribu untuk ukuran kecil. Barang tersebut diedarkan secara online melalui Instagram dengan akun bernama Mamen Liq.

"Harganya Rp 2,5-3 juta. Itu yang besar. Kalau yang kecil Rp 300 ribu," ucap Doni.

Selama 2 bulan, pembeli barang tersebut diprediksi berjumlah 20-30 orang. Namun tidak tertutup kemungkinan angka itu bertambah lebih banyak.

"Kurang-lebih 20 sampai 30 orang. Itu bisa pecah lagi. Ini masih dalam proses penyelidikan," tutur Doni.

Setelah dicek, liquid high merupakan narkotika jenis 5 Fluoro-ADB. Sementara itu, dalam pengungkapan kasus ini, polisi menyita 30 botol cairan narkotika berukuran 5 ml dan 1 botol cairan narkotik berukuran 60 ml.
(knv/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed