DetikNews
Selasa 18 Juli 2017, 15:13 WIB

Sebulan Kabur, Tahanan Rutan Pekanbaru Ini Menyerahkan Diri

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Sebulan Kabur, Tahanan Rutan Pekanbaru Ini Menyerahkan Diri Foto: Tahanan Rutan Pekanbaru menyerahkan diri. (Chaidir/detikcom)
Pekanbaru - Herman Susilo (36) tahanan kasus narkoba yang ikut melarikan diri dari Rutan Sialang Bungkuk, Pekanbaru menyerahkan diri. Selama sebulan kabur dia pindah dari satu tempat ke tempat lainnya masih di wilayah Riau.

"Setelah sebulan kabur, Herman akhirnya kembali ke Pekanbaru di rumah temannya. Dia minta agar orang tuanya menghubungi polisi agar dia kembali ke rutan," kata Paur Humas Polresta Pekanbaru Ipda Dodi Vivino kepada wartawan, Selasa (18/7/2017).

Dodi menjelaskan, Herman yang berstatus tahanan Polsek Lima Puluh Pekanbaru ini, turut kabur bersama teman-temannya pada Jumat 7 Mei lalu. Padahal saat itu Herman baru dua hari dititipkan di Rutan yang menempati Blok B kamar 02.

Dalam keterangan ke pihak kepolisian, kata Dodi, tersangka kasus kepemilikan daun ganja kering ini awalnya setelah kabur mendatangi rumah temannya di Kecamatan Bukit Raya Pekanbaru. Dia mendatangi temannya untuk minta ongkos.

"Dia mengaku diberi temannya bernama Bembeng uang Rp 150 ribu," kata Dodi.

Merasa duit belum cukup, kata Dodi, warga asal Jalan Pinang, Kecamatan Bukit Raya ini lantas pergi ke rumah temannya lagi di Kubang Raya, Kabupaten Kampar.

"Setelah mendapat ongkos dari temannya lagi, Herman pun melanjutkan pelariannya ke Pasir Pangaraian, Kabupaten Rohul," kata Dodi.

Selama dalam persembunyiannya di Rohul, kata Dodi, pria itu pun hidupnya berpindah-pindah dari satu rumah ke rumah teman lainnya. Setelah satu bulan terus berpindah-pindah, akhirnya Herman memutuskan untuk menyerahkan diri. Dia kembali ke Pekanbaru menginap di rumah temannya pada Senin (17/7) malam hari.

"Senin malam itu juga Herman kita jemput untuk dilakukan pemeriksaan. Herman mengaku selama dalam pelariannya hidupnya merasa tidak tenang. Dia mengaku menyesal turut kabur saat terjadi kerusuhan di Rutan. Sore ini Herman telah kita serahkan ke Rutan," sebut Dodi.
(cha/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed