detikNews
Selasa 18 Juli 2017, 14:43 WIB

Kondisi Bangunan SD Parah, Ini Penjelasan Dinas Pendidikan Serang

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Kondisi Bangunan SD Parah, Ini Penjelasan Dinas Pendidikan Serang Foto: Bahtiar Rifai/detikcom
Serang - Bangunan SDN Bugel di Kecamatan Pamarayan, Kabupaten Serang, parah, bahkan hampir ambruk. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Serang, Asep Nugraha Jaya, menyebut sebenarnya rehabilitasi SD itu sudah masuk sekitar tahun 2016 tetapi gagal lelang.

"Di 2016 tidak bisa dilaksanakan karena gagal lelang. Itu gagal lelang makanya sudah tercatat sudah 2016 sebelum (saya) masuk ke Dinas Pendidikan," kata Asep melalui sambungan telepon kepada detikcom, Serang, Selasa (18/7/2017).

Asep menyebut anggaran untuk rehabilitasi SD itu pada tahun 2016 sudah dianggarkan Rp 350 juta. Namun setelah gagal lelang, rencana rehabilitasi itu dimasukkan untuk tahun anggaran 2017. Dalam perkembangannya, rencana tersebut tidak ditindaklanjuti melalui anggaran APBD Serang namun diambil alih melalui dana CSR dari salah satu bank.

Namun karena terlalu lama, kondisi kerusakan SD itu pun semakin parah dan berimbas pada perencanaan rehabilitasi yang juga harus berubah. Asep menyebut anggaran yang tadinya Rp 350 juta direvisi menjadi Rp 500 juta. Menurutnya, rehabilitasi itu nanti akan dilakukan Kodim 0602 Serang karena menggunakan dana CSR.

"Tim CSR kordinatornya ada di Bappeda, pelaksana teknisnya ada di Dinsos selanjutnya ada pelaksanana pengendali teknis di Dinas Tata Ruang," ucap Asep.

"Dalam minggu ini kalau misalnya Insyaallah perencanaan selesai. Begitu revisi selesai kita akan serahkan ke Kodim," tambahnya.

Selanjutnya, di tahun 2017 ini, menurut Asep, pihaknya juga melaksanakan rehabilitasi melalui anggaran DAK (Dana Alokasi Khusus) dan melalui bantuan pemerintah pusat. Namun khusus untuk SDN Bugel Pamarayan, rehabilitasinya menggunakan dana CSR perusahaan bank.

Khusus rehabilitasi SD yang menggunakan dana DAK ada total 20 sekolah dengan anggaran kurang lebih Rp 5,9 miliar. Sedangkan melalui anggaran bantuan pemerintah disiapkan untuk 24 SD dengan anggaran Rp 9,9 miliar. Selain itu, yang menggunakan APBD Kabupaten Serang, melalui Dinas Tata ruang, ada 13 sekolah yang rencananya akan direhabilitasi dengan anggaran Rp 5 miliar.
(bri/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com