DetikNews
Selasa 18 Juli 2017, 03:18 WIB

Jelang Haji 2017

Saat Menag Bicara 'Kenapa Selalu Ada Masalah dalam Pelaksanaan Haji'

Triono Wahyu Sudibyo - detikNews
Saat Menag Bicara Kenapa Selalu Ada Masalah dalam Pelaksanaan Haji Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin (Foto: Rusydi Sani/Media Center Haji Kemenag)
FOKUS BERITA: Haji 2017
Jakarta - Haji diselenggarakan tiap tahun. Pelaksanaannya disebut-sebut kian membaik. Tingkat kepuasaan jemaah terus meningkat.

Tapi kenapa masih ada jemaah tersesat atau bingung di Arab Saudi? Kenapa masih ada jemaah abai terhadap cuaca dan kondisi sehingga sakit di Tanah Suci?

"Selalu saja ada pertanyaan seperti itu (kenapa selalu ada masalah dalam pelaksanaan haji?). Dan masalahnya itu-itu saja. Jawabannya adalah karena para jemaah adalah orang-orang baru, baru pertama ke Tanah Suci. Bahkan ada yang baru pertama keluar kabupaten seumur hidupnya," kata Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dalam pembekalan petugas Media Center Haji 2017 di kantor Kemenag, Jl Lapangan Banteng Selatan, Jakarta Pusat, Senin (17/7/2017).


Belum lagi, kata Lukman, jemaah haji Indonesia jumlahnya luar biasa. Tahun ini mencapai 221 ribu, terbanyak di dunia, dan sebagian besar di antaranya berusia lanjut. Hampir bisa dipastikan masalah akan tetap terjadi, terutama terkait jemaah tersesat saat berada di Tanah Suci. Lukman meminta petugas sigap menghadapi masalah tersebut.

Munculnya masalah di Tanah Suci, lanjut Lukman, bukan berarti pelaksanaan haji tidak disiapkan dengan baik. Dia mencontohkan, menjelang keberangkatan gelombang pertama pada 28 Juli mendatang, persiapan sudah sangat bagus. Di Arab Saudi, segala fasilitas, mulai dari hotel, transportasi, hingga katering, hampir final.

"Sementara di Tanah Air, paspor sampai saat ini sudah 80 persen selesai. Sedangkan proses pembuatan visa masih terus berlangsung," jelasnya.


Lukman yakin proses pemberkasan, baik paspor maupun visa, akan selesai sebelum jemaah berangkat. Jemaah haji yang terdaftar berangkat tahun ini diminta bersiap.

Tahun lalu, indeks kepuasan jemaah terhadap pelaksanaan haji berada di angka 83,83 persen. Tahun ini, dengan persiapan petugas yang lebih matang dan fasilitas yang lebih memadai, indeks kepuasaan akan naik. Sekadar diketahui indeks kepuasaan disurvei oleh Badan Pusat Statistik untuk mengukur sukses tidaknya pelaksanaan agenda tahunan yang melibatkan sejumlah kementerian dan lembaga serta masyarakat ini.
(try/rna)
FOKUS BERITA: Haji 2017
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed