DetikNews
Senin 17 Juli 2017, 18:21 WIB

Ratusan WNI Disebut Terkait ISIS di Turki, Menlu: Itu Angka Deportan

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
Ratusan WNI Disebut Terkait ISIS di Turki, Menlu: Itu Angka Deportan Menlu Retno LP Marsudi. (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Indonesia disebut menempati peringkat kedua di dunia dalam daftar jumlah milisi asing ISIS yang ditangkap di Turki. Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi menyebut sebagian WNI yang berada di Turki itu merupakan WNI yang terkena deportasi.

"Jadi saya ingin jelaskan, angka yang ada adalah angka deportasi dari tahun 2015 sampai 2017. Akumulatif. Sebentar saya ada datanya. Jadi ini adalah angka akumulasi 2015-2017 deportan. Yang dideportasi dari Turki. Jumlahnya 430 orang. 2015 ada 193 orang, 2016 ada 60 orang, 2017 ada 177 orang," ujar Retno di kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (17/7/2017).

"Nah, kalau kita bicara angka deportan, deportasi, bukan berarti dia terkait ISIS. Kebanyakan mereka belum sempat menyeberang ke Suriah," sambungnya.

Jumlah WNI yang dideportasi dari Turki juga telah dibahas saat Presiden Joko Widodo berkunjung ke Ankara beberapa waktu lalu. Retno juga telah bertemu dengan Mendagri Turki untuk membahas soal counter-terrorism.

Soal jumlah pasti WNI yang terkait dengan ISIS, Retno menyebut hal itu telah diserahkan kepada pihak Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). "Itu sudah sampai ranah BNPT untuk menyeleksinya," ucapnya.

Dia kembali menegaskan banyak WNI belum sempat masuk ke wilayah ISIS dan akhirnya tertahan di Turki dan kemudian dideportasi. Para WNI tersebut masuk ke Turki dengan menggunakan visa turis.
(fiq/idh)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed