DetikNews
Sabtu 15 Juli 2017, 16:37 WIB

'Jurus' Wali Kota Semarang Tingkatkan Kesejahteraan Warganya

Mustiana Lestari - detikNews
Jurus Wali Kota Semarang Tingkatkan Kesejahteraan Warganya Foto: Dok Pemkot Semarang
Semarang - Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Tengah menyebut Indeks Pembangunan Manusia Kota Semarang 81,19. Angka ini naik, setelah pada 2011 Semarang hanya meraih poin 77,58.

Peningkatan indeks tersebut tak lepas dari usaha Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi (Hendi). Hendi dinilai telah melakukan inovasi dalam program Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat di Kota Semarang.

Dalam keterangan tertulis dari Pemkot Semarang, Sabtu (15/7/2017), gebrakannya dimulai dari menginisiasi sejumlah kampung tematik di Kota Semarang, dari Kampung Jamu, Kampung Batik, Kampung Seni, hingga Kampung Jawi.

Melalui program Kampung Tematik, Hendi sukses meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan perputaran ekonomi dari lingkup terkecil.

Bahkan Kampung Pelangi, Wonosari, yang dulunya kampung kumuh, mendapat pujian dari puluhan media asing. Kini Kampung Pelangi telah menjadi magnet wisatawan ke Kota Semarang. Alhasil, kesejahteraan masyarakat di sana pun meningkat drastis.

Di sektor ekonomi, Hendi juga meluncurkan kredit dengan bunga 3% atau paling murah di Indonesia. Kredit itu bernama Kredit Wirausaha Bangkit Jadi Jawara atau yang biasa disebut Kredit Wibawa. Program ini ditujukan untuk mendukung pelaku UMKM agar kesejahteraannya dapat meningkat.

Keberhasilan program-program tersebut membawa Hendi menerima penghargaan. Dalam kurun sepekan ini, Hendi mendapat penghargaan dari pemerintah pusat.

Penghargaan itu adalah penghargaan Pastika Parama dari Kementerian Kesehatan RI. Selain itu, Hendi dinobatkan oleh Dewan Koperasi Indonesia sebagai Tokoh Utama Penggerak Koperasi.

Kemudian dia juga membawa Kota Semarang menjadi kota dengan pelayanan publik terbaik dalam WOW Public Service Excellence Award Jawa Tengah 2017 dari Markplus Inc.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Semarang dinilai layak menerima penghargaan ini karena pelayanan prima yang diberikan kepada masyarakat, khususnya dalam kepengurusan administrasi kependudukan.

Hendi juga mendapat penghargaan Manggala Karya Kencana dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional. Penghargaan tersebut diserahkan di Rumah Jabatan Gubernur Lampung.

Indeks Pembangunan Manusia (IPM) merupakan indikator penting untuk mengukur keberhasilan pembangunan. IPM ini ditingkatkan pemerintah dalam upaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Selain itu, besaran IPM digunakan sebagai tolok ukur level pembangunan suatu wilayah/negara.

(ega/ang)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed