DetikNews
Jumat 07 Juli 2017, 17:29 WIB

Sejak 2016, Pelapor Kaesang Sudah Buat 80-an Aduan ke Polisi

Dwi Andayani - detikNews
Sejak 2016, Pelapor Kaesang Sudah Buat 80-an Aduan ke Polisi M Hidayat, pelapor Kaesang ke polisi (Dwi Andayani/ detikcom)
FOKUS BERITA: Kaesang Dipolisikan
Jakarta - Nama Muhammad Hidayat ramai diperbincangkan karena melaporkan anak bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep, atas dugaan ujaran kebencian. Pria asal Bekasi ini diketahui sering membuat aduan ke polisi.

Sejak 2016, tercatat Hidayat membuat lebih dari 80 laporan polisi. Laporan yang dibuatnya mengenai ujaran kebencian (hate speech).

"(Laporannya soal) ujaran kebencian semua. Jadi tahun 2017 ada 75 aduan, tahun 2016 ada 13. Total hampir 80 sekian," kata Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Hero Henrianto Bachtiar di kantornya, Jalan Pramuka No 79, Marga Jaya, Bekasi Selatan, Jumat (7/7/2017).

Baca Juga: Polisi Ungkap Modus di Balik 60 Aduan dari Si Pelapor Kaesang

Terkait banyaknya laporan yang dibuat Hidayat, dia mengatakan hal itu sebagai hak warga negara. Hero mengatakan pihak kepolisian akan menindaklanjuti pelaporan sesuai dengan amanat undang-undang.

[Gambas:Video 20detik]

Saat ini polisi masih memproses satu per satu laporan yang dibuat Hidayat. Atas hal tersebut, dia meminta Hidayat kooperatif dengan pihak kepolisian terkait laporan-laporan yang dibuatnya.

"Tetap kita tindak lanjuti, ya. Kan UU Keterbukaan Publik nggak bisa kita menolak juga. Makanya kemudian dari proses laporan ini, kalau beliau memang berkomitmen atas laporannya, artinya tepat waktu untuk dimintai klarifikasi, ya datang. Memberikan keterangan secara maksimal, ya berikan," ujar dia.

Baca Juga: Pelapor 'Ndeso' Kaesang Masuk ke SPKT Polres Bekasi

Hero mengatakan Hidayat tergabung dalam lembaga swadaya masyarakat Sahabat Muslim. Hidayat tadi pagi datang ke Polres Metro Bekasi Kota setelah mendapatkan surat undangan untuk mengklarifikasi laporan yang dibuatnya.

Namun, menurut keterangan pihak kepolisian, Hidayat tidak menemui petugas yang akan mengklarifikasinya. Hidayat sendiri mengatakan kedatangannya itu hendak memastikan kelanjutan laporan yang dibuatnya. Dia juga sempat masuk ke ruang Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT).
(jbr/fjp)
FOKUS BERITA: Kaesang Dipolisikan
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed