DetikNews
Kamis 06 Juli 2017, 09:46 WIB

2 Heli Bantu Evakuasi Pesawat AMA yang Jatuh di Wamena

Wilpret Siagian - detikNews
2 Heli Bantu Evakuasi Pesawat AMA yang Jatuh di Wamena Foto: Pesawat AMA (Ist)
Jayapura - Dua helikopter dikerahkan untuk membantu evakuasi pesawat milik maskapai penerbangan Associated Mission Aviation (AMA) yang jatuh di Wamena, Papua. Cuaca di lokasi jatuhnya pesawat saat ini berkabut.

Helikopter Airvast yang dikerahkan di lokasi milik PT Freeport Indonesia (PTFI) akan mengevakuasi para korban di pesawat jenis Pilatus Portes dengan nomor regristrasi PK - RCX yang ditemukan pada ketinggian 8500 kaki.

Ada 10 orang personel disiapkan untuk proses evakuasi terdiri dari 5 orang dari Tim Airfast PTFI, kemudian 4 orang dari SAR dan dibantu oleh masyarakat setempat.



Kepala SAR Jayapura, Melkianus Kotta, menyebutkan lokasi ditemukannya pesawat berada pada koordinat S 04 10. 75 E 138 51.45 atau sekitar 8 nm dari Wamena, Ibu Kota Kabupaten Jayawijaya. "Cuaca di Wamena berawan dan di lokasi ditemukannya pesawat saat ini sedang berkabut. Namun, kami tetap berusaha melakukan evakuasi," kata Melkianus, Kamis (6/7/2017) .

Rencananya, pesawat milik AMA juga akan membantu proses evakuasi ini, setelah helikopter PTFI mendroping pasukan ke lokasi ditemukannya pesawat. "Proses pendropingan pasukan dilakukan dengan peluncur yang menggunakan alat. Kami belum dapat mengetahui kondisi pesawat, apakah hancur atau tidak," ujarnya.

Informasi dari masyarakat setempat, pesawat berbadan kecil itu jatuh di sebelah kiri Gunung Napua dekat Kampung Walaik, Kabuaten Jayawijaya.

Pesawat AMA nomor registrasi PK-RCX hilang kontak 8 menit setelah lepas landas dari Bandar Udara Wamena. Pesawat yang membawa 3 orang penumpang, terbang dari Wamena sekitar pukul 11.08 WIT, seharusnya tiba di Darakma sekitar pukul 11.30 WIT, Rabu (5/7/2017) tapi tiba-tiba hilang kontak.
(aan/aan)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed