Tinggalkan Jakarta 'Kampung Masa Kecil', Selamat Jalan Obama

Ahmad Mustaqim - detikNews
Minggu, 02 Jul 2017 11:28 WIB
Obama saat berada di Kongres Diaspora Indonesia di Jakarta/Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Mantan Presiden AS Barrack Obama dan keluarga baru saja mengakhiri masa liburannya beberapa kota di Indonesia. Dia juga menyudahi kunjungan singkatnya ke Jakarta, kampung halamannya di masa kecil.

Pesawat yang membawa Obama bertolak dari landasan Bandara Halim Perdanakusuma pada pukul 11.00 WIB, Minggu (2/7/2017). Dia sebelumnya sempat singgah sebenyar di ruang VIP Sasana Manggala Praja dan dilepas oleh Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat.

Tiba di Indonesia pada 23 Juni, Obama telah mengunjungi Bali, Yogyakarta dan ke Bogor serta Jakarta. Dia berlibur sekaligus berbicara di kongres Diaspora Indonesia. Dia juga sempat bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana Bogor.

Indonesia tentu saja bukan tempat yang asing bagi Obama. Sewaktu kecil dulu, Obama dan keluarga tinggal di Jakarta selama beberapa tahun. Dia menetap di Jalan H Ramli, Menteng Dalam, Jakarta Selatan. Obama juga pernah tinggal di Jalan Taman Amir Hamzah No 22, Pegangsaan, Menteng, Jakarta Pusat.

Obama dalam sambutannya pada saat konferensi Diaspora Indonesia pada Sabtu (2/7) kemarin menyatakan Indonesia merupakan bagian dari dirinya.

"Indonesia bagian dari diri saya," kata Obama dalam bahasa Indonesia saat pidato dalam Kongres Diaspora Indonesia. (fjp/fjp)