DetikNews
Selasa 27 Juni 2017, 04:00 WIB

Hangatnya Suasana Lebaran WNI di Tengah Dinginnya Canberra

Nograhany Widhi Koesmawardhani - detikNews
Hangatnya Suasana Lebaran WNI di Tengah Dinginnya Canberra Suasana Idul Fitri di KBRI Canberra (Foto: Dok. KBRI Canberra)
Canberra - Lebih dari 500 warga negara Indonesia (WNI) merayakan Idul Fitri di Wisma Indonesia yang diselenggarakan KBRI Canberra, Australia. Perayaan Idul Fitri terasa hangat di tengah musim dingin di negeri kangguru tersebut.

Suhu terdingin di Canberra mencapai minus 2 derajat Celcius, namun tidak menyurutkan antusiasme WNI berbondong-bondong menyambangi Wisma Indonesia untuk bersilaturahmi. Acara ini turut dihadiri tokoh agama, kalangan profesional, pelajar, hingga ibu rumah tangga.

Acara open house ini dibuka pukul 12.00 waktu setempat. Nah, walau tidak ada libur saat Idul Fitri di Australia, sejumlah WNI mengambil cuti untuk merayakan Idul Fitri. Tak hanya dihadiri WNI, acara ini juga dihadiri Ketua Australia-Indonesia Association (AIA)-Canberra, Les Boag, Ketua Balai Bahasa Indonesia (BBI) Canberra, Heath McMichael, Ketua National Australia-Indonesia Language Awards (NAILA), Sally Hill dan beberapa mantan diplomat Australia.

Suasana open house di CanberraSuasana open house di Canberra Foto: Dok. KBRI Canberra

Duta besar RI untuk Australia, Yohanes Kristiarto Soeryo Legowo, acara open house di kediamannya merupakan upaya untuk melestarikan tradisi yang tertanam kuat di kalangan masyarakat Indonesia, termasuk yang di Australia untuk saling bermaafan dan memperkuat silaturahmi dalam merayakan Idul Fitri.

"Tradisi halal bi halal menjadi momentum yang sangat baik dalam menjaga dan memperkuat keharmonisan, persatuan dan kesatuan antar masyarakat Indonesia", ujar Yohanes dalam rilis yang diterima detikcom, Selasa (27/6/2017).

Sepertinya rasa rindu WNI akan suasana Idul Fitri di tanah air terjawab. Sebab, di Wisma Indonesia menyediakan menu Idul Fitri seperti ketupat, lontong sayur, opor ayam, rendang, sate ayam, hingga wedang jahe menjadi hidangan utamanya.

Mahasiswi Fakultas Kedokteran Australian National University (ANU), Fika Ihsa mengaku senang dengan open house yang diselenggarakan KBRI Canberra. "Selain menjadi ajang untuk bertemu dengan teman-teman Indonesia dari seluruh Canberra, masakan yang disuguhkan pun sangat beragam dan enak, khas Indonesia", kata dia.

Selain menikmati sajian makanan dan bersilaturahmi sesama WNI, mereka juga menyempatkan diri untuk berfoto bersama Dubes RI dan istri beserta keluarga.
(dkp/dkp)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed