Djarot: Kalau Bisa, Ahok Jangan Dieksekusi ke LP Cipinang

Nathania Riris Michico - detikNews
Rabu, 21 Jun 2017 19:11 WIB
Foto: Djarot di Balai Kota (Nathania Riris Michicco/detikcom)
Jakarta - Mantan gubernur DKI, Basuki Tjahja Purnama (Ahok) akan segera dieksekusi vonis ke lembaga pemasyarakatan paling lambat besok. Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengaku tidak menahu atas hal tersebut, termasuk soal lokasi lapas tempat Ahok dieksekusi.

"Kata siapa? Belum tahu saya," kata Djarot usai meresmikan ground breaking Pasar Blok A Square di Jalan Fatmawati, Jakarta Selatan, Rabu (21/6/2017).

Djarot juga mengaku tidak mengetahui bahwa kemungkinan besar Ahok nantinya akan dipindahkan ke LP Cipinang. Menurutnya, tidak ada yang bisa menjamin keamanan Ahok di sana lantaran kondisi LP Cipinang yang sudah over capacity alias over kapasitas.

"Jadi kalau di LP Cipinang situasinya di sana sudah over kapasitas, luar biasa, dan siapa yang bisa menjamin keamanannya di sana, kita nggak tahu ya di sana seperti apa," ujarnya.

Djarot pun menyayangkan apabila Ahok benar ditempatkan di LP Cipinang. Dia menyebut kondisi LP Cipinang sangat rawan sehingga lebih baik Ahok tetap berada di Mako Brimob

"Iya dong (menyayangkan pemindahan ke LP Cipinang), kalau bisa ya jangan ke sana karena kita sudah tahu kondisi di sana, sangat rawan," jelas Djarot.

"Menurut saya sebaiknya di sana dulu (Mako Brimob) tapi terserah proses hukumlah, jaksa ya, Lapas ya," lanjutnya.

Djarot enggan menyebut lebih jauh soal kondisi LP Cipinang yang rawan ini. Namun ia memastikan lapas dalam kondisi over capacity.

"Tinjau saja di sana ya berapa kapasitas normalnya, terus berapa sekarang itu dua kali lipatnya, sangat, sangat over, bagaimana keamanannya coba saja lihat," tandasnya.

Sebelumnya, Jaksa Agung Muda Bidang Pidana Umum (Jampidum) Noor Rachmad mengatakan saat ini tim JPU sedang mempersiapkan eksekusi Ahok. Jika keputusannya sudah ada, Ahok akan segera dieksekusi ke lembaga pemasyarakatan.

"Paling lambat besok (Kamis eksekusinya). Makanya ini sedang dipelajari penetapan pengadilan. Lalu sedang dipersiapkan eksekusinya karena ini orangnya ada di Brimob," kata Noor, Rabu (21/6).

Tim JPU kasus penistaan agama sedang berkoordinasi dengan Jampidum Noor untuk mengeksekusi Ahok ke lembaga pemasyarakatan. Kemungkinan besar Ahok akan dipindahkan ke LP Cipinang. (nth/imk)