Ahok Paling Lambat Dieksekusi Besok

Yulida Medistiara - detikNews
Rabu, 21 Jun 2017 14:11 WIB
Ahok (Rachman Haryanto/detikcom)
Jakarta - Terpidana kasus penistaan agama Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) akan segera dieksekusi vonis ke lembaga pemasyarakatan. Ditargetkan, eksekusi paling lambat dilakukan pada Kamis (22/6/2017) besok.

Jaksa Agung Muda Bidang Pidana Umum (Jampidum) Noor Rachmad mengatakan saat ini tim JPU sedang mempersiapkan eksekusi Ahok. Namun Noor mengaku belum mengetahui akan dieksekusi ke mana. Keputusan itu direncanakan keluar hari ini.

"Baru dipersiapkan, segeranya dieksekusi nanti. Tapi saya tadi nanya bahwa sedang dipersiapkan untuk timnya itu. Ya (keputusannya) nanti hari ini," kata Noor di Kejaksaan Agung, Jl Sultan Hasanuddin, Jakarta Selatan, Selasa, Rabu (21/6).

Noor telah menerima salinan putusan pencabutan banding dari pengadilan tinggi. Jika keputusannya sudah ada, Ahok akan segera dieksekusi ke lembaga pemasyarakatan.

"Paling lambat besok (Kamis eksekusinya). Makanya ini sedang dipelajari penetapan pengadilan. Lalu sedang dipersiapkan eksekusinya karena ini orangnya ada di Brimob," kata Noor.

Tim JPU kasus penistaan agama sedang berkoordinasi dengan Jampidum Noor untuk mengeksekusi Ahok ke lembaga pemasyarakatan. Kemungkinan besar Ahok akan dipindahkan ke LP Cipinang. Kepala Seksi Pidana Umum Kejaksaan Negeri Jakarta Utara Diky Oktavia menyebut dipercepatnya eksekusi itu agar suasana tetap damai. (yld/fjp)