Hari Hak Asasi Manusia
Selasa 20 Juni 2017, 07:51 WIB

Siapkan 3.826 Pos Kesehatan, Ini Tips Mudik ala Menkes

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Siapkan 3.826 Pos Kesehatan, Ini Tips Mudik ala Menkes Menkes meninjau posko kesehatan di Serang Foto: Bahtiar Rifai/detikcom
FOKUS BERITA: Traffic Mudik
Serang - Menteri Kesehatan Nila Moeloek meninjau posko kesehatan di Serang. Dia mengingatkan para pemudik agar mempertimbangkan faktor kesehatan saat berkendara.

"Saya minta sebelum berangkat, cek kesehatan. Tanggung jawab bawa mobil, kalau sakit ada cek area (kesehatan)," kata Menkes saat meninjau pos kesehatan Kementerian Kesehatan di rest area kilometer 68 tol Jakarta-Merak, Serang, Selasa (20/6/2017).

Menkes mengimbau pemudik cek kesehatan sebelum berangkat.Menkes mengimbau pemudik cek kesehatan sebelum berangkat. Foto: Bahtiar Rifai/detikcom


Menkes mengatakan pengemudi harus betul-betul prima saat berkendara agar tidak terjadi kecelakaan. Setiap 4 jam sekali juga disarankan agar melakukan istirahat. Selain itu, diimbau agar tidak meminum obat-obatan yang menyebabkan kantuk. "Tensi tinggi jangan bawa mobil. Jangan minum obat yang bikin kantuk, dan hati-hati pilih makanan," ujar dia.



Menurut dia, kemacetan arus mudik sangat berdampak bagi kesehatan. Pengalaman dari tahun ke tahun, umumnya pemudik banyak mengalami hipertensi dan kelelahan. Berkaca pada musim mudik tahu lalu, khusus untuk anak-anak dan pemudik usia lanjut, ia meminta agar diperhatikan betul faktor kesehatannya.

Kemenkes siapkan 3.826 pos kesehatan untuk membantu pemudik.Kemenkes siapkan 3.826 pos kesehatan untuk membantu pemudik. Foto: Bahtiar Rifai/detikcom


Menkes menjelaskan Kemenkes menyediakan 3.826 pos kesehatan untuk membantu pemudik. Di pos-pos tersebut tersedia layanan cek kesehatan seperti tensi meter dan pemeriksaan gula darah. Tenaga medis juga disediakan hasil kerjasama dengan rumah sakit.



"Di pos kesehatan kita menangani (pemudik). Di sini ada pemeriksaan tentu yang sangat diperlukan. Seandainya ada kecelakaan, di sini membantu dan merujuk ke rumah sakit," kata Menkes.
(bri/aan)
FOKUS BERITA: Traffic Mudik
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed