DetikNews
Senin 19 Juni 2017, 19:45 WIB

Jokowi: TNI dan Rakyat Itu Ibarat Air dan Ikan

Ray Jordan - detikNews
Jokowi: TNI dan Rakyat Itu Ibarat Air dan Ikan Presiden Jokowi (Rusman/Biro Pers Setpres)
Jakarta - Presiden Joko Widodo mengatakan TNI harus selalu hadir untuk rakyat. Dia menuturkan TNI dan rakyat itu ibarat air dan ikan, yang tak bisa dipisahkan.

Jokowi mengatakan TNI harus terus menumbuhkembangkan mental bela negara. Selain itu, mental persatuan dan kesatuan bangsa juga harus dibangun oleh TNI.

"TNI dan rakyat itu seperti air dan ikan, tak bisa dipisahkan. Karena itu, buatlah tenteram hati rakyat, pupuk toleransi antarumat beragama, pupuk persatuan dan pupuk kesatuan kita," kata Jokowi dalam sambutan saat mengikuti buka puasa bersama di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (19/6/2017).

Jokowi mengatakan, di minggu terakhir Ramadan ini, dia melihat seluruh perwira tinggi dan prajurit TNI tetap bersemangat menjalankan puasa. "Dan di bulan yang suci ini, kita beri kesempatan untuk meningkatkan ibadah kita bukan hanya dalam habluminallah, tetapi juga dalam habluminannas. Sebagai aparat negara dan prajurit, kita mempunyai tanggung jawab yang besar," katanya.

Jokowi juga menyampaikan pesan yang pernah diucapkan oleh Panglima Besar Jenderal Sudirman bahwa Tentara Nasional Indonesia merupakan hak milik nasional yang selalu utuh dan tidak berubah.

"Yaitu tidak berubah dalam menjaga NKRI, dalam merawat Pancasila, serta menguatkan persatuan dalam kebinekaan," katanya.

Jokowi juga mengatakan tantangan bangsa ke depan semakin kompleks. Banyak tantangan baru bermunculan, baik yang terlihat maupun yang tidak terlihat, baik dalam kehidupan nyata maupun di dunia digital.

"Penyebaran paham terorisme dan perongrong ideologi negara harus dihentikan. Jangan sampai mereka memakan korban lagi. Jangan sampai jatuh korban lagi," katanya.

Pada momentum menjelang Idul Fitri 1438 H ini, Jokowi meminta TNI memberikan dukungan penuh kepada Polri untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Masyarakat menunggu hasil kerja nyata kita, terus tingkatkan kewaspadaan dan profesionalisme kerja kita," katanya.
(rjo/rvk)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed