Penampakan Lubang Sempit Jalan Kabur WN Australia dari LP Kerobokan

Prins David Saut - detikNews
Senin, 19 Jun 2017 13:59 WIB
Penampakan lubang sempit yang digunakan napi untuk kabur (Foto: Prins David Saut/detikcom)
Denpasar - Empat orang warga negara (WN) asing kabur dari Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kerobokan, Bali. Mereka menggali lubang yang mengarah ke parit di luar LP.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali, Surung Pasaribu, mengatakan jarak antara lubang yang dibongkar di dalam LP hingga lubang parit di luar LP sekitar 15 meter.

Penampakan Lubang Sempit Jalan Kabur WN Australia dari LP KerobokanLokasi lubang untuk kabur (Foto: Prins David Saut/detikcom)

"Kira-kira 15 meter ke arah jalan raya," ujar Surung kepada detikcom, Senin (19/6/2017).

Lubang parit di luar LP terlihat hanya muat untuk satu orang saja. Itu pun tampaknya sangat sempit bagi satu orang.

Bagian dalam lubang pun terlihat genangan air. Di dalam lubang itu terlihat seperti kain yang telah basah. Sisi-sisi lubang pun berupa tanah yang cukup mudah apabila digali menggunakan tangan kosong.

Para WN asing yang kabur itu adalah Shaun Edward Davidson alias Eddie Lonsdale (WN Australia), Dimitar Nikolov Iliev (WN Bulgaria), Sayed Mohammed Said (WN India), dan Tee Kok King (WN Malaysia).

Shaun merupakan napi kasus pelanggaran keimigrasian dengan sisa waktu bimbingan 2 bulan 15 hari. Sedangkan Dimitar adalah napi kasus pencucian uang dengan sisa masa bimbingan 5 tahun 3 bulan dan 6 hari.

Kemudian, Sayed adalah napi kasus narkoba dengan sisa waktu bimbingan 12 tahun 3 bulan dan 3 hari. Lalu terakhir Tee Kok King yang dihukum karena kasus narkoba dengan sisa masa hukuman 6 tahun 1 bulan dan 5 hari.

Mereka diduga kabur sejak pukul 06.30 Wita. Mereka menggali terowongan sepanjang 15 meter yang berada di belakang Poliklinik LP Kerobokan.

(dhn/fdn)