DetikNews
Senin 19 Juni 2017, 12:10 WIB

Efek Hujan Deras, Genangan Sempat Ganggu Akses Bandara Ngurah Rai

Prins David Saut - detikNews
Efek Hujan Deras, Genangan Sempat Ganggu Akses Bandara Ngurah Rai Ilustrasi Bandara I Gusti Ngurah Rai (Foto: Kurnia Yustiana/detikTravel)
Denpasar - Hujan deras yang mengguyur kawasan selatan Pulau Bali menyisakan genangan air di sejumlah lokasi. Meski genangan air sempat dilaporkan ada juga di Bandara I Gusti Ngurah Rai, namun operasional bandara tetap berjalan lancar.

"Kira-kira mulai pukul 07.30 WITa dan mulai surut pukul 09.00 WITa. Tidak berpengaruh ke operasional bandara," kata Kepala Humas Angkasa Pura I Arie Hasanurrohim kepada detikcom, Senin (19/6/2017).

Genangan air setinggi kira-kira 30 cm di kawasan bandara terjadi di area parkir motor Terminal Domestik Bandara Ngurah Rai dan beberapa titik akses jalan raya menuju bandara. Sementara apron, runway dan taxiway bandara aman dari genangan.

"Parkiran mobil aman, apron dan lainnya aman, yang cukup tinggi di parkir motor itu, setinggi lutut orang dewasa," ujar Arie.

Sementara informasi yang dihimpun menyebutkan akses bandara di Jalan Raya By Pass Ngurah Rai sekitar Bundaran Taman Ngurah Rai terjadi genangan setinggi kurang lebih 10-30 cm. Demikian pula di Jalan Wanasegara Kuta ke arah Pantai Jerman dan Jl Raya Kartika Plaza, dengan ketinggian air tak jauh berbeda.

Akibat genangan air ini, kemacetan sempat dilaporkan terjadi di Jalan Raya By Pass Ngurah Rai dari arah Jimbaran menuju bandara. Kemacetan juga sempat terjadi di arah Tol Bali Mandara Gate Ngurah Rai, Benoa dan Pesanggaran Denpasar.

Selain genangan air pasca hujan dengan intensitas cukup tinggi ini, Bandara Ngurah Rai juga sempat ditutup sejak pukul 07.54 WITa hingga 08.50 WITa. Ditutupnya bandara karena cuaca yang tidak mendukung keselamatan penerbangan.

"Ada 13 pesawat tidak bisa take off dan 7 pesawat tidak bisa landing serta 12 pesawat holding di atas karena jarak pandang hanya 100 meter akibat cuaca buruk," ucap Arie sebelumnya.
(vid/rna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed