DetikNews
Kamis 15 Juni 2017, 11:05 WIB

Muslim Indonesia di Vancouver Gantian Gelar Bukber di Akhir Pekan

Nograhany Widhi K - detikNews
Muslim Indonesia di Vancouver Gantian Gelar Bukber di Akhir Pekan Foto: Peringatan Nuzulul Quran di KJRI Vancouver Kanada (Dokumentasi KJRI Vancouver)
FOKUS BERITA: Serba-serbi Ramadan
Jakarta - Jauh dari Tanah Air membuat warga Indonesia di Kanada makin erat bersilaturahmi. Salah satunya dengan menggelar buka bersama bergantian tiap akhir pekan.

"Masyarakat muslim Indonesia di Vancouver dan sekitarnya secara bergiliran setiap Sabtu dan Minggu menyelenggarakan pengajian dan acara buka puasa bersama di rumah-rumah warga," demikian keterangan rilis KJRI Vancouver yang disampaikan Konsul Penerangan KJRI Vancouver Yudhono Irawan, yang ditulis Kamis (15/6/2017).

Tantangan waktu berpuasa di Vancouver Provinsi British Columbia Kanada, lebih dari 18 jam lamanya. Namun hal tersebut tidak menyurutkan keinginan warga masyarakat Indonesia untuk beribadah puasa termasuk mendatangi majelis pengajian.

KJRI Vancouver sendiri sudah mengadakan acara buka bersama sekaligus memperingati Nuzulul Quran pada Jumat 9 Juni 2017 lalu. Acara itu dihadiri sekitar 100 warga Indonesia baik dari kalangan pekerja, mahasiswa hingga perwakilan organisasi masyarakat serta keluarga besar KJRI Vancouver.

"Kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka memuliakan Bulan Ramadan serta untuk menggalang solidaritas dan kebersamaan di antara berbagai komponen warga masyarakat Indonesia yang berdomisili di Vancouver dan sekitarnya," demikian imbuh KJRI Vancouver.

Acara itu diisi dengan pembacaan lantunan ayat-ayat suci Alquran beserta sari tilawah dari perwakilan masyarakat Indonesia, serta dilanjutkan siraman rohani oleh Ustaz Muhammad Zulfikarullah dari Center of Waqaf Bani Uma yang berada di Vancouver dalam rangkaian Safari Ramadhan ICMI Wilayah Amerika Utara ke-12.

Dalam pokok ceramahnya, Ustaz Zulfikarullah menyampaikan Nuzulul Quran sebagai momentum untuk menjadikan umat Islam semakin mencintai Alquran yang diturunkan pada bulan suci Ramadan untuk menjadi petunjuk bagi seluruh umat manusia. Lebih lanjut disampaikan bahwa Ramadhan harus menjadi ajang untuk peningkatan prestasi umat Islam dengan Alquran. Pada akhir ceramahnya, Ustaz Zulfikarullah mengajak para jemaah untuk menjadi pribadi yang bertakwa pada Allah dengan dekat pada Alquran dan menjauhkan diri dari segala larangan-Nya.
(nwk/nwk)
FOKUS BERITA: Serba-serbi Ramadan
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed