DetikNews
Selasa 13 Juni 2017, 19:23 WIB

Berantas Hoax, Kominfo Sosialisasi Fatwa MUI ke Daerah Pelosok

Dewi Irmasari - detikNews
Berantas Hoax, Kominfo Sosialisasi Fatwa MUI ke Daerah Pelosok Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara / Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah mengeluarkan fatwa tentang hukum dan pedoman bermuamalah melalui media sosial (medsos) awal pekan lalu. Menanggapi positif, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan akan terus melakukan sosialisasi dan literasi di masyarakat, khususnya di daerah padat populasi.

"(Sosialisasi) terutama di daerah-daerah yang cukup padat populasinya. Kemudian literasi terhadap dunia maya juga di bawah rata-rata. Itu kan masyarakat yang sebetulnya tidak berdosa, masyarakatnya jujur. Tapi dicekoki hoax atau konten negatif, nanti disangkanya benar juga. Kita harus dorong literasi itu di masyarakat," ujar Rudiantara kepada wartawan di Kemenko Polhukam RI, Jalan Medan Merdeka Barat, Selasa (13/6/2017).

Rudiantara menuturkan, Kominfo hanya bertindak sebagai fasilitator kepada masyarakat. Sedangkan yang berada di garda terdepan dalam fatwa ini adalah para ulama.

"Karena begini, itu kan fatwa MUI. Terbarunya ulama yang di depan. Ulama yang fasilitasi. fokusnya kembali di daerah-daerah yang padat tapi tingkat literasinya rendah. Itu yang menjadi sasaran penyebaran hoax," ucapnya.

Namun, Rudiantara tak membeberkan secara detil daerah mana saja yang dimaksud. Ia hanya mengatakan masih membicarakannya dengan pihak MUI.

"Sedang disiapkan oleh Kominfo dengan MUI," tuturnya.
(irm/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed