Tentang Sejarah Panjang Masjid di Serambi Mekah yang Bergaya Madinah

Agus Setyadi - detikNews
Rabu, 31 Mei 2017 17:05 WIB
Masjid Baiturrahman Banda Aceh (Agus Setyadi/detikcom)
Masjid Baiturrahman Banda Aceh (Agus Setyadi/detikcom)

Menurut Wapres, selain sebagai tempat salat dan ibadah, masjid bisa dipergunakan untuk memperdalam ilmu agama. Pada zaman Rasulullah, kata JK, masjid juga digunakan untuk semua aspek kemasyarakatan, termasuk tempat permusyawaratan, perundingan, dan mengambil strategi.

"Begitu juga dengan Masjid Baiturrahman," ujar JK.

Peresmian lanskap dan infrastruktur yang dilakukan JK baru pada tahap pertama. Pemerintah Aceh berencana kembali melakukan pembangunan untuk tahap kedua dan ketiga. Setelah selesai nanti, keberadaan masjid ini bisa dijadikan tempat belajar tentang Islam.

"Bagi wisatawan yang ingin belajar tentang Islam atau ingin menikmati keindahan masjid dan Kota Banda Aceh, bisa menginap di guest house itu dan semua unit itu dikelola dengan sistem manajemen Islam," ungkap Zaini.

Keindahan Masjid Raya Baiturahman memang sudah mendunia. Pada akhir 2016, masjid ini meraih predikat World's Best Halal Cultural Destination dalam acara World Halal Tourism Award (WHAT) yang digelar di Abu Dhabi. Predikat itu membuat pemerintah Aceh semakin meningkatkan sarana dan prasarana masjid.

"Prestasi ini tentu menuntut kita untuk bekerja lebih keras lagi, meningkatkan kualitas sarana dan prasarana di lingkungan Masjid Raya Baiturrahman," kata Zaini.

Bagi Cek Midi, masjid raya ini merupakan situs sejarah yang harus dilindungi, dirawat, dan dijaga. Keberadaan masjid yang dirancang dengan arsitektur timur tengah ini menjadi suatu yang sakral dan menjadi kebanggaan bagi masyarakat Aceh.
Masjid Baiturrahman, Saksi Bisu Tewasnya Jenderal Belanda dan TsunamiFoto: Agus Setyadi/detikcom

Selain itu, keberadaan masjid ini menjadi ikon Bumi Serambi Mekah. Karena itu, ada seloroh yang menyebutkan belum sah menginjak kaki di Aceh jika belum berkunjung ke Masjid Baiturrahman. Para wisatawan yang berkunjung ke masjid itu kini tidak lupa mengabadikannya dengan berswafoto (selfie).

"Setelah direnovasi sekarang, orang Aceh sendiri harus bertanggung jawab. Tidak hanya megah saja masjid ini, tapi harus memakmurkan. Harus beribadah di sana. Masjid Baiturrahman menjadi masjid yang paling masyhur di Aceh," ungkap Cek Midi.
Halaman

(trw/trw)