Tentang Sejarah Panjang Masjid di Serambi Mekah yang Bergaya Madinah

Agus Setyadi - detikNews
Rabu, 31 Mei 2017 17:05 WIB
Masjid Baiturrahman Banda Aceh (Agus Setyadi/detikcom)
Masjid Baiturrahman Banda Aceh (Agus Setyadi/detikcom)

Dengan perluasan tersebut, Masjid Raya Baiturrahman sekarang memiliki 7 kubah, 4 menara, dan 1 menara induk. Sesuai dengan perkembangan, luas area Masjid Raya Baiturrahman lebih-kurang 4 hektare. Di dalamnya terdapat sebuah kolam dan menara induk.

Keberadaan Masjid Baiturrahman tak hanya menjadi saksi bisu perang Aceh melawan Belanda. Saat konflik Aceh dengan Republik Indonesia berkecamuk, masjid ini juga menjadi saksi bisu. Di sana juga pernah diadakan referendum yang digelar pada 1999. Jutaan orang berkumpul untuk menyatakan sikap ketika itu.

Kala tsunami menerjang Aceh pada 26 Desember 2004, Masjid Baiturrahman tidak mengalami kerusakan. Banyak warga memilih menyelamatkan diri di dalam masjid. Lokasi ini juga dipilih sebagai tempat evakuasi jenazah korban tsunami yang bergelimpangan.

"Masjid Baiturrahman ini bisa dibilang saksi bisu perjalanan sejarah Aceh," kata pria yang mengoleksi hampir 500 manuskrip kuno tersebut.

Pada 28 Juli 2015, Gubernur Aceh Zaini Abdullah membangun lanskap dan infrastruktur masjid yang ditandai dengan groundbreaking pemancang tiang pancang pertama. Proyek tahap pertama senilai Rp 458 miliar ini untuk membangun 12 unit payung elektrik dan basement sebagai lokasi parkir mobil dan sepeda motor. Dalam perencanaannya, area parkir bawah tanah ini bisa menampung 254 mobil dan 343 sepeda motor.

Basement itu juga dilengkapi tempat wudu serta toilet pria dan wanita. Semua bahannya terbuat dari batu marmer Italia atau Spanyol. Pemerintah Aceh memang mempermak lanskap ini sehingga mirip dengan Masjid Nabawi.

Sedangkan untuk bagian atas, pada pinggiran halaman ditanam 33 pohon kurma dan satu pohon geulumpang. Sedangkan di tengah halaman, dibangun kawasan hijau dengan cara menanam rumput hijau dan berbagai jenis bunga warna-warni.

Pembangunan infrastruktur ini juga ramah disabilitas. Dari basement menuju plaza atau pekarangan, terdapat beberapa lift. Wisatawan yang berkunjung ke sana dapat menikmati keindahan Masjid Baiturrahman dari berbagai sudut.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4 5