2 Masjid dan 26 Rumah di Aceh Rusak Akibat Gempa 5 SR

Agus Setyadi - detikNews
Senin, 29 Mei 2017 14:43 WIB
Ilustrasi
Banda Aceh - Gempa berkekuatan 5 skala Richter (SR) yang mengguncang Aceh pagi tadi menimbulkan kerusakan. Data sementara menyebutkan dua masjid dan 26 rumah di Kabupaten Gayo Lues rusak.

Rumah yang mengalami kerusakan itu di antaranya satu unit rusak berat dan 25 unit rusak ringan. Sedangkan untuk masjid, satu rusak berat dan satu rusak ringan. Belum ada laporan tentang korban jiwa akibat gempa tersebut.

"Korban terdampak satu KK (kepala keluarga). Saat ini sudah mengungsi ke tempat saudara. Korban meninggal nihil," kata Staf Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Henny Nurmayani, Senin (29/5/2017).

Gempa berkekuatan 5 SR terjadi pada pukul 04.54 WIB pagi tadi. Gempa dengan kedalaman 10 kilometer ini berpusat di 27 km barat laut Kabupaten Gayo Lues. Saat gempa mengguncang, warga sempat panik dan berlarian ke luar rumah.

Saat ini, Pemerintah Kabupaten Gayo Lues sudah mendirikan pos kesehatan di Desa Suri Musara. Tim BPBD Gayo Lues juga akan mendistribusikan bantuan logistik masa panik kepada warga terdampak gempa.

"BPBD Gayo Lues saat ini masih melakukan pendataan," ucap Henny. (rvk/rvk)