DetikNews
Minggu 21 Mei 2017, 17:06 WIB

Ini Sistem Teknologi yang Dipakai Basarnas untuk Lacak KM Mutiara

Faieq Hidayat - detikNews
Ini Sistem Teknologi yang Dipakai Basarnas untuk Lacak KM Mutiara Ilustrasi terbakarnya KM Mutiara. Foto: Mindra Purnomo/detikcom
Jakarta - KM Mutiara Sentosa I terbakar di perairan Masalembo, Sumenep, Madura, dua hari lalu. Sebanyak 192 dari 197 penumpang bisa diselamatkan.

"192 selamat langsung dibawa ke Surabaya. Kita manfaatkan potensi SAR yang ada di sekitar Masalembo. Kita dibantu nelayan, polair dan syahbandar. Sehingga operasi SAR bisa dilangsungkan dengan cepat untuk mengevakuasi korban," kata Kepala Basarnas Marsda M Syaugi dalam jumpa pers di kantornya, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (21/5/2017).

Basarnas menerima informasi terbakarnya kapal tersebut melalui sistem radio operator dari pantai di Surabaya. Basarnas kemudian mengecek kebenaran info tersebut ke agen yang berada di Surabaya.

Basarnas lalu menggunakan sistem Integrated Maritime Suveilance System (IMSS). Setelah diketahui posisinya, Basarnas langsung ke lokasi.

Sistem tersebut menangkap Automatic Identification System (AIS) yang terpasang di kapal. Sehingga diketahui kapal apa saja yang melintas dekat lokasi.

"Jadi ketika KM Mutiara terbakar di Masalembo, lokasi SAR terdekat Banjarmasin, kedua Surabaya," imbuh Syaugi.

Kapal terdekat dengan lokasi menurut Basarnas waktu itu adalah Meratus jurusan Surabaya-Makassar dan Dharmatika. Meratus membutuhkan waktu 50-60 menit ke lokasi, sedangkan Dharmatika butuh 12 jam. Ada pula kapal-kapal lainnya, namun tak merespons saat dihubungi.

"Sementara kapal kita (butuh) lebih waktunya. Sehingga pada waktu kejadian, yang mendekat adalah kapal Meratus dan nelayan," sebut Syaugi.

Akhirnya proses evakuasi bisa segera dilakukan dengan bantuan kapal Meratus dan nelayan yang mendekat. Para korban selamat langsung dibawa ke rumah sakit terdekat.

Secara total, jumlah korban akibat terbakarnya KM Mutiara Sentosa I sebanyak 197 orang. Rinciannya adalah:
1. 184 orang dibawa KM Dharma Kartika IX
2. 8 orang dibawa KN SAR Widura Surabaya (3 selamat dan 5 meninggal dunia)
3. 2 orang dibawa KM Meratus Makassar (atas nama Winarsih dan Sinta)
4. 3 orang (1 nahkoda atas nama Edi Sarwoto dan 2 masinis atas nama Susinggih dan Widodo) masih tinggal di Masalembo
(bag/fjp)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed