DetikNews
Sabtu 20 Mei 2017, 11:08 WIB

Anies: Perkembangan Teknologi Jadi Tantangan Kebangkitan Nasional

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Anies: Perkembangan Teknologi Jadi Tantangan Kebangkitan Nasional Anies Baswedan berbicara mengenai Hari Kebangkitan Nasional 2017, Sabtu (20/5). (Noval/detikcom)
FOKUS BERITA: Semangat Harkitnas
Jakarta - Gubernur terpilih DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan melihat peringatan Hari Kebangkitan Nasional 2017 sebagai momentum kesadaran menangkap perubahan zaman. Masyarakat Indonesia, menurutnya, harus memanfaatkan perubahan zaman di bidang teknologi hingga ilmu pengetahuan.

"Hari ini kita memperingati Hari Kebangkitan Nasional 2017, hari di mana kita memiliki kesadaran untuk menangkap perubahan zaman," kata Anies di Jalan Balai Rakyat No 52 A, Klender, Jakarta Timur, Sabtu (20/5/2017).

Anak-anak muda di masa kebangkitan nasional saat itu, disebutnya, melihat perubahan zaman yang perlu direspons. Ketika itu Indonesia berusaha meraih kemerdekaan dengan berbagai pergerakan fisik.

"Di berbagai tempat tidak menemukan solusi yang permanen, lalu anak-anak muda terdidik ini menemukan cara organisasi. Sekarang tantangan kita ketika melihat pergerakan ini adalah bagaimana kita melihat perubahan zaman," tuturnya.

Suasana berapa tahun terakhir ini adalah suasana di mana teknologi memiliki peran yang besar. "Alat ini gadget, media sosial, dunia digital, telah berhasil menjadi alat perjuangan di berbagai tempat untuk mengusahakan kebebasan," sebut Anies.

Anies berpendapat banyak rezim di belahan dunia lainnya yang tumbang akibat pemanfaatan teknologi. Untuk itu, tantangan bangsa Indonesia saat ini adalah memanfaatkan teknologi untuk membangun kepercayaan, kerja sama, serta membangun sinergi.

"Sehingga Indonesia bangkit di masa yang akan datang. Kebangkitan itu bukan semata-mata soal mengingat peristiwa tahun 1908, tapi bagaimana kita sekarang bisa memanfaatkan perubahan zaman di bidang teknologi, pengetahuan, untuk bisa membangun kepercayaan, membangun sinergi, membangun kerja sama. Itu tantangan kita ke depan," tutupnya.


(nvl/elz)
FOKUS BERITA: Semangat Harkitnas
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed