DetikNews
Sabtu 20 Mei 2017, 11:05 WIB

Pejabat Kemdikbud Pimpin Upacara Harkitnas di Museum Kebangkitan

Reny Anggraini - detikNews
Pejabat Kemdikbud Pimpin Upacara Harkitnas di Museum Kebangkitan Peringatan Harkitnas di Museum Kebangkitan Nasional (Reny Anggraini/detikcom)
FOKUS BERITA: Semangat Harkitnas
Jakarta - Pihak Museum Kebangkitan Nasional menggelar serangkaian acara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) pagi ini. Upacara dipimpin langsung oleh Dirjen Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Hilmar Farid.

Pantauan di lokasi, Jl Abdulrachman Saleh, Senen, Jakarta Pusat, Sabtu (20/5/2017), upacara digelar di halaman depan museum sekitar pukul 07.00 WIB. Ada kurang-lebih 50 peserta yang mengikuti upacara.

Upacara ini diikuti oleh komunitas pelajar dari tingkatan SD hingga mahasiswa. Upacara juga dihadiri oleh masyarakat sekitar hingga Pramuka.

Kepala Seksi Penyajian dan Pelayanan Edukasi Museum Kebangkitan Nasional Sujiman mengatakan rangkaian peringatan Harkitnas dimulai sejak 30 Maret 2017. Pada April lalu, ada beberapa acara yang dilangsungkan di museum guna menyambut Harkitnas.
Pejabat Kemdikbud Pimpin Upacara Harkitnas di Museum KebangkitanPeringatan Harkitnas di Museum Kebangkitan Nasional (Reni Anggraini/detikcom)

"Ada Seminar Ki Hajar Dewantara. Tanggal 27 April 2017 ada Pameran Ki Hajar Dewantara, 29 April 2017 ada lomba melukis. Tanggal 2 Mei dan tanggal 6 Mei 2017 ada lomba mewarnai, juga lomba cerdas cermat tingkat SMP. Tanggal 13-15 Mei 2017 ada Festival Museum. Puncaknya pada tanggal 20 Mei 2017 ada upacara bendera dan pergelaran wayang golek," ujar Sujiman.

Saat ini di lokasi sedang dilangsungkan beberapa kegiatan. Museum hari ini tetap dibuka untuk umum.

Harkitnas diperingati setiap 20 Mei, ditandai dengan lahirnya organisasi Budi Utomo pada 1908. Budi Utomo menjadi tonggak sejarah dimulainya pergerakan Indonesia merdeka dengan puncak 17 Agustus 1945.
(gbr/tor)
FOKUS BERITA: Semangat Harkitnas
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed