DetikNews
Sabtu 20 Mei 2017, 00:47 WIB

Operasi Lanjutan untuk Novel Tunggu Selaput Mata Tumbuh

Nur Indah Fatmawati - detikNews
Operasi Lanjutan untuk Novel Tunggu Selaput Mata Tumbuh Novel Baswedan dirawat di Singapura/ Foto: Istimewa
Jakarta - Operasi pemasangan membran mata Novel Baswedan berjalan lancar. Namun gangguan penglihatan untuk sementara akan terjadi. Untuk operasi lanjutan, tim dokter menunggu selaput mata Novel tumbuh.

"Gangguan penglihatan terjadi untuk beberapa saat sambil menunggu selaput mata tumbuh kembali," ujar Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Jumat (19/5/2017).

Operasi pemasangan plasenta untuk pertumbuhan membran dilakukan kepada kedua mata Novel. Pada mata kanan pemasangan dilakukan hanya di bagian kornea (bagian hitam), sementara atas kiri dilakukan untuk conjunctiva (bagian putih) dan kornea.

Untuk menjaga agar membran plasenta tetap pada posisi dan tidak bergeser, dokter memasang lensa kontak pada kedua matanya.

"Membran plasenta yang dipasang akan dengan sendirinya menyatu dengan selaput mata sehingga tidak dibutuhkan operasi pembuangan membran plasenta,"

Tes kemampuan membaca huruf dan angka juga telah dilakukan. Mata kiri Novel yang tekanannya mencapai 20 mmHg tidak dapat melihat huruf sama sekali karena tertutup selaput dan lensa kontak. Sementara mata kanannya kemampuan mata kanan hanya bisa melihat huruf besar.

Novel diserang setelah menunaikan salat subuh di Masjid Al-Ihsan, Selasa (11/4), di dekat kediamannya Jalan Deposito T Nomor 8, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Novel kemudian menjalani operasi mata pada Kamis (18/5) karena penglihatannya tak kunjung membaik.

36 Hari pascapenyerangan air keras terhadap Novel, polisi belum menetapkan tersangka penyerangan. Sejauh ini empat orang telah diperiksa. Antara lain pria berinisial M, H, AL, serta Mico yang merupakan keponakan Muhtar Ependy.


(nif/rvk)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed