DetikNews
Jumat 19 Mei 2017, 20:17 WIB

Wali Kota Jaksel: Harkitnas Jadi Momen Rajut Kembali Kebinekaan

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Wali Kota Jaksel: Harkitnas Jadi Momen Rajut Kembali Kebinekaan Museum Kebangkitan Nasional (Syanti Mustika/detikTravel)
FOKUS BERITA: Semangat Harkitnas
Jakarta - Wali Kota Jakarta Selatan Tri Kurniadi mengungkapkan peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas), yang jatuh pada 20 Mei besok, harus dijadikan momen untuk merajut kembali kebinekaan. Tri memaknai Harkitnas sebagai ajang untuk bersatu bagi seluruh masyarakat Indonesia.

"Saya bilang jangan terpecah belah, merajut kembali kebinekaan yang sudah dicanangkan sejak dulu, negara kita Pancasila dan kebinekaan, jadikan keberagaman itu menjadi kekuatan untuk membangun negeri," ujar Tri, dalam perbincangan, Jumat (19/5/2017).

Menurut Tri, tidak elok kalau setiap anak bangsa Indonesia hari ini justru terpecah belah. Hal itu serasa mencederai spirit persatuan yang telah disuarakan lewat Harkitnas.

"Memaknai tentunya dengan kita merajut kembalilah, apa yang sementara ini terbelah-terbelah. Bayangkan 1908 orang-orang itu sudah mau menyatukan Indonesia. Nah sekarang orang Indonesia kenapa terbelah-belah gitu loh," tuturnya.

Tri juga menyebutkan tantangan Indonesia saat ini adalah memberantas kemiskinan dan kebodohan. Negara harus hadir untuk menyelesaikan permasalahan itu.

"Tantangan sekarang kebodohan, kemiskinan yang harus diberantas, masih banyak kan kebodohan dan kemiskinan, itu yang harus diangkat. Pendidikan, kemiskinan, kebodohan, termasuk itu yang harus ditingkatkan," ucapnya.

Selain itu, dia berharap masyarakat Indonesia, khususnya yang berada di Jakarta, dapat memenuhi segala kebutuhannya. Tak hanya soal kekayaan materi, tapi juga soal religiositas pribadinya.

"Harapannya orang Jakarta, otaknya penuh, perutnya kenyang, dompetnya tebal, itu aja. Otaknya penuh, penuh budaya, pintar, beragama gitu loh, toleran, kemudian juga religius, perutnya kenyang, boleh makan apa saja, kan sehat gitu loh. Dompetnya tebal, itu cita-cita kita orang Jakarta," katanya.
(knv/idh)
FOKUS BERITA: Semangat Harkitnas
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed