DetikNews
Jumat 19 Mei 2017, 16:43 WIB

Porter Supri Bersyukur Tas Balik ke Pemilik, Ikhlas Tak Dapat Reward

Arbi Anugrah - detikNews
Porter Supri Bersyukur Tas Balik ke Pemilik, Ikhlas Tak Dapat Reward Supriyanto, porter yang menemukan tas berisi uang ratusan juta rupiah di Stasiun Kroya CIlacap (Istimewa)
Banyumas - Tas tak bertuan itu, yang diketahui berisi dokumen penting dan uang ratusan juta rupiah, dikembalikan kepada pemilik oleh PT KAI, tepatnya manajemen Stasiun Kroya, Cilacap. Porter Supriyanto (40), yang menemukan tas tersebut, mengaku bersyukur.

Sejauh ini, Supri, panggilan akrab Supriyanto, belum bertemu dengan pemilik tas atau perwakilannya. Juga belum dihubungi melalui telepon. Dia hanya diberi tahu oleh pihak stasiun bahwa tas yang ditemukan sudah dikembalikan kepada pemilik.

"Ya syukur kalau sudah dikembalikan," kata Supri saat dihubungi detikcom, Jumat (19/5/2017).

Apakah Supri mendapatkan reward atau kompensasi atas aksi jujurnya itu? "Belum ada," kata bapak dua anak ini.

Supri menemukan tas berisi paspor, uang Rp 14,7 juta, dan uang dolar Singapura sebesar 25 ribu di kursi kafe saat melepas lelah, Kamis (18/5). Dia menitipkan tas tersebut kepada pihak stasiun, kemudian bekerja seperti biasa. Bahkan, saat dihubungi detikcom, Supri tengah mengangkut barang penumpang ke dalam kereta.

"Prinsip saya, seperti ajaran orang tua, jangan ambil barang milik orang lain. Makanya saya kembalikan," tutur pria yang menekuni jasa angkut barang selama 5 tahun terakhir ini.

Penyerahan tas yang ditemukan Supri ke perwakilan pemilikPenyerahan tas yang ditemukan Supri ke perwakilan pemilik Foto: Istimewa
Dalam kesempatan terpisah, Humas PT KAI Daops 5 Purwokerto, Ixfan Hendriwintoko, mengapresiasi langkah Supri. PT KAI belum bisa memberikan reward karena memang belum ada petunjuk pelaksanaan (juklak).

"SOP (Standard Operating Procedure) kami semua petugas di stasiun maupun di atas KA harus melaporkan pada pihak pengamanan stasiun atau Polsuska (Polisi Khusus Kereta Api), kemudian diumumkan. Jika belum ada yang ambil akan disimpan sampai dengan jangka waktu yang ditentukan," katanya.
(try/try)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed