DetikNews
Jumat 19 Mei 2017, 15:48 WIB

Cegah Perkosaan di Angkot Terulang, Dishub akan Tingkatkan Razia

Ibnu Hariyanto - detikNews
Cegah Perkosaan di Angkot Terulang, Dishub akan Tingkatkan Razia Foto: Ilustrasi (Zaki Alfarabi / detikcom)
Jakarta - Seorang gadis berusia 16 tahun diperkosa di dalam angkot di Duren Sawit, Jakarta Timur (Jaktim). Kepala Suku Dinas Perhubungan Jakarta Timur, M Soleh mengatakan pihaknya telah melakukan razia rutin kepada angkot.

"Secara umum kalau kita ada pengawasan bentuknya pembinaan dan razia gitu. Yang melanggar kita berhentikan, kita periksa surat-suratnya melalui Operasi Lintas Jaya kita cek kelengkapan. Temasuk kelengkapan sopir, tanda pengenalnya, SIM-nya, terus seragamnya," kata M Soleh saat berbincang dengan detikcom, Jumat (19/5/2017).

Kasus perkosaan di angkot tersebut dilakukan Ade Setyawan (19) yang merupakan sopir dari angkot tersebut. Soleh menjelaskan akan berkoordinasi dengan pemilik angkot untuk mengecek sopir-sopir tersebut resmi terdaftar atau sopir 'tembak'.

"Kalau dari kita nggak ada pengawas khusus terhadap sopir tapi itu tanggung jawab perusahaannya. Tapi nanti kita juga akan cek lagi, bener nggak sopir itu terdaftar di perusahaan itu. Kadang-kadang itu sopir 'tembak' (sopir liar), kita akan cek kepada pengurusnya itu kan ada daerah di Raden Inten untuk KWK," papar Soleh.



Pemerkosaan tersebut dilakukan oleh pelaku di atas angkot KWK-22A jurusan Pulo Gebang-Pondok Gede. Soleh menyebut tindakan tegas sudah diberikan kepada angkot yang terbukti melanggar mulai dari tilang hingga menyetop operasi dari angkot tersebut.

"Beberapa ada yang sudah disetop operasinya (KWK 22A) karena mungkin surat-suratnya nggak lengkap. Jadi kita lebih tegas lagi sampai setop operasi," kata Soleh.

Terkait usulan polisi untuk memasang CCTV di dalam angkot. Soleh mengatakan akan lebih dahulu mengkaji sejauh mana keefektifannya. Selain itu, Soleh juga menyarankan agar para penumpang tidak menaiki angkot jika angkot tersebut sepi.

"Jika di angkot itu sendirian jangan naik dulu, apa lagi malam hari jangan berpergian sendiri," tambah Soleh.
(ibh/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed