DetikNews
Jumat 19 Mei 2017, 12:42 WIB

Djarot Cerita Keluhan Warga Soal Pembagian Rusun yang Tak Adil

Bisma Alief Laksana - detikNews
Djarot Cerita Keluhan Warga Soal Pembagian Rusun yang Tak Adil Djarot Saiful Hidayat/Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Plt Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat memperketat aturan soal pemberian rusun kepada warga. Alasannnya, Djarot mengaku sering mendapati warga yang meminta rusun namun diduga profil pemohon tidak sesuai dengan persyaratan

Karena itu, Djarot ingin semua warga yang ingin mendapatkan rusun untuk melengkapi data yang akan diberikan Pemprov DKI. Data tersebut nantinya diverifikasi langsung Pemprov untuk mengetahui layak atau tidaknya warga pemohon menerima rusun.

"Saya sudah jelaskan untuk rusun itu semua data masuk ke kita. Kemudian diverifikasi yang bersangkutan di rumahnya, bagaimana kondisinya. Makanya kenapa kita mesti tahu profilnya. Karena saya lihat juga banyak yang minta rusun tapi handphone-nya canggih," ujar Djarot di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (19/5/2017).

"Supaya apa, supaya adil. Mereka yang betul-betul berhak itu yang dapat rusun," lanjutnya.

Djarot juga mengaku sering mendapat protes dari warga yang kurang mampu dan selama ini tinggal dengan mengontrak rumah soal rusun.

Mereka, sambung Djarot, protes karena Pemprov DKI lebih memprioritaskan warga yang tinggal di bantaran sungai untuk mendapatkan rusun.

"Anda tahu nggak, mereka yang nggak mampu betul dan kontrak, dia bilang ini juga nggak adil (soal pembagian rusun). 'Mereka yang melanggar tinggal di bantaran sungai justru dapat fasilitas (rusun), justru kami yang tertib tidak. Prinsip keadilannya di mana', ini yang selalu mereka sampaikan," ujar Djarot.

Namun, ada juga warga yang sudah mendapat rusun tetap berkeluh kesah pada Djarot. Mereka mengeluh karena menganggap iuran yang mereka keluarkan di rusun terlalu besar dan tidak sanggup untuk membayar.

"Sedangkan di lain sisi, ada yang sudah masuk rusun tapi mereka nggak puas. Katanya terlampau mahal, nggak sanggup," sambungnya.


(bis/fdn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed