DetikNews
Kamis 18 Mei 2017, 17:32 WIB

Brotoseno Dituntut 7 Tahun dan Denda Rp 300 Juta

Yulida Medistiara - detikNews
Brotoseno Dituntut 7 Tahun dan Denda Rp 300 Juta AKBP Brotoseno menjalani sidang tuntutan terkait kasus suap cetak sawah. (Hasan Alhabshy/detikcom)
Jakarta - AKBP Raden Brotoseno dituntut 7 tahun penjara atas kasus suap terkait cetak sawah. Ia dinilai telah menerima uang Rp 1,8 miliar untuk penundaan pemeriksaan saksi di kasus cetak sawah.

Salah satu anggota tim JPU, Achmad, mengatakan Brotoseno melanggar Pasal 12 huruf a atau b atau Pasal 5 Ayat 2 Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 64 Ayat 1 KUHP juncto Pasal 55 Ayat 1 KUHP.

"Terdakwa bersalah melakukan korupsi sebagaimana diancam pasal di atas. Dijatuhi penjara 7 tahun dikurangi masa tahanan, bayar denda Rp 300 juta subsider 6 bulan, dan menyatakan barang bukti Rp 1,8 miliar dirampas negara dan 1 HP Samsung," Achmad di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jl Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Kamis (18/5/2017).

"Unsur penyelenggara negara, menerima hadiah atau janji, padahal patut diduga bahwa hadiah atau janji itu untuk menggerakkan agar dia melakukan atau tidak melakukan sesuatu berkaitan dengan pekerjaannya," kata Achmad.

Brotoseno Dituntut 7 Tahun dan Denda Rp 300 JutaAKBP Brotoseno menjalani sidang tuntutan (Yulida/detikcom)

Hal yang memberatkan, Brotoseno sebelumnya merupakan penegak hukum, tetapi tidak memberikan contoh yang baik ke masyarakat dan mengurangi kepercayaan masyarakat ke penegak hukum. Sedangkan hal yang meringankan adalah terdakwa berlaku sopan.

"Tidak mendukung program pemberantasan korupsi, tidak mengakui perbuatannya. Sebagai aparat penegak hukum mencederai nama baik aparat penegak hukum," ujarnya.

Setelah mendengarkan tuntutan, Brotoseno tidak mengucapkan sepatah kata pun. Dia langsung menghampiri ibunya yang menangis dengan raut sedih.

Brotoseno Dituntut 7 Tahun dan Denda Rp 300 JutaAKBP Brotoseno menjalani sidang tuntutan. (Yulida/detikcom)

(yld/ams)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed