DetikNews
Selasa 16 Mei 2017, 15:49 WIB

Polisi Akan Terbitkan Red Notice Bila Habib Rizieq Jadi Tersangka

Cici Marlina Rahayu - detikNews
Polisi Akan Terbitkan Red Notice Bila Habib Rizieq Jadi Tersangka Foto: Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto (Faieq-detikcom)
Jakarta - Mabes Polri tidak mau berandai-andai terkait red notice untuk Habib Rizieq Syihab yang tersangkut dugaan kasus pornografi di situs 'baladacintarizieq'. Red notice baru akan dikeluarkan apabila Rizieq masih di luar negeri dan sudah berstatus tersangka.

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Setyo Wasisto mengatakan, penyidik Polda Metro Jaya saat ini masih menyidik kasus tersebut dengan memeriksa sejumlah saksi ahli.

"Setelah itu akan dilaksanakan gelar perkara untuk menentukan status masing-masing yang terlibat dalam kasus ini," ujar Setyo dalam pesan singkatnya kepada detikcom, Selasa (16/5/2017).

Setelah ada penetapan status tersangka dan Rizieq belum juga kembali ke Indonesia, maka polisi bisa meminta bantuan interpol untuk menerbitkan red notice.

"Bila RS sudah dinyatakan tersangka dan yang bersangkutan tidak ada di Indonesia , maka penyidik dapat minta bantuan interpol untuk menerbitkan red notice," tegasnya.

Red notice tersebut akan disebar ke interpol yang berada di 190 negara, sehingga tersangka bisa segera ditangkap.

"Artinya penyidik Polri minta bantuan kepolisian anggota Interpol sekitar 190 negara untuk dapat menangkap dan bekerja sama memulangkan RS tersebut," tutupnya.


(mei/try)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed