DetikNews
Senin 15 Mei 2017, 15:03 WIB

Gara-gara Tebang Pohon, Warga Cengkareng Dipidana Rp 5 Juta

Andi Saputra - detikNews
Gara-gara Tebang Pohon, Warga Cengkareng Dipidana Rp 5 Juta Ilustrasi (ari/detikcom)
Jakarta - Jangan asal tebang pohon, bisa-bisa Anda berurusan dengan hukum. Hal itu yang dialami oleh warga Cengkareng, Jakarta Barat, Oman Supratman.

Oman kedapatan menebang pohon Asem Kranji di Jakarta Pusat beberapa waktu lalu. Pohon itu berada di lintasan jalur hijau. Petugas Dinas Kehutanan yang mendapati hal itu langsung bergerak cepat dan memproses Oman.

Ia dikenakan Pasal 12 huruf g jo pasal 61 ayat 3 Peraturan Daerah (Perda) DKI Jakarta Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum.

Pasal 12 huruf g berbunyi:

Setiap orang atau badan dilarang memotong, menebang pohon atau tanaman yang tumbuh di sepanjang jalan, jalur hijau dan taman.

Adapun Pasal 61 ayat 3 mengancam pelaku di atas dengan ancaman hukuman badan minimal 30 hari kurungan dan maksimal 180 hari kurungan, atau denda minimal Rp 5 juta dan maksimal Rp 50 juta.

"Menjatuhkan pidana denda Rp 5 juta," kata hakim tunggal Dwi Tomo sebagaimana dikutip dari website PN Jakpus, Senin (15/5/2017).

Vonis itu diketok pada Jumat (12/5) lalu dengan acara sidang singkat. Oman dihadirkan, langsung didakwa dan langsung divonis. Putusan langsung berkekuatan hukum tetap dan mengikat. Atas vonis itu, Oman menerimanya.
(asp/rvk)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed