DetikNews
Senin 15 Mei 2017, 13:37 WIB

Cerita Saat Petugas RS Dharmais Temukan Virus WannaCry di Komputer

Tri Aljumanto - detikNews
Cerita Saat Petugas RS Dharmais Temukan Virus WannaCry di Komputer Penemuan virus komputer di RS Dharmais. Foto: @ilhamnegara
Jakarta - Perangkat komputer di RS Dharmais diserang virus komputer global Ransomeware WannaCrypt atau disebut juga WannaCry. Hal itu pertama kali diketahui oleh petugas RS Dharmais pada Sabtu (13/5) pagi.

Presiden Direktur RS Dharmais, Abdul Kadir menjelaskan, yang diserang oleh virus tersebut yakni sistem IT rumah sakit. Di saat itu pula semua komputer yang sedang menyala tidak bisa bekerja.

"Serangannya itu terjadi pada hari Sabtu tanggal 13 Mei jam 05.00 WIB subuh. Salah satu petugas entri kami datang mau memasukan data rawat inap pasien kami, tiba-tiba melihat tampilan di komputer berubah semua dan melaporkan ke instalasi IT rumah sakit, melaporkan perubahan tampilan di komputer," kata Abdul Kadir di RS Dharmais Jl Letjen S Parmam, Slipi, Jakarta Barat, Senin (15/5/2017).

Begitu mendapat laporan, tim IT RS Dharmais langsung menghentikan proses IT dan mematikan seluruh perangkat komputer di rumah sakit tersebut.

"Pada saat itu langsung mengintruksikan menghentikan proses IT," katanya.

Akibat serangan virus ini, Abdul mengatakan saat ini hanya sekitar 70 persen perangkat dari total 600 unit komputer yang dikoneksikan ke internet. Serangan ini jelas menghambat proses administrasi di RS Dharmais.

"Sekarang ini 70-80% online, ada beberapa saat ini tidak kita sambungkan ke internet karena internet kita putus dahulu. Sehingga kami tidak bisa melakukan grupping untuk BPJS," katanya.

Meski demikian, Abdul menjamin bahwa data pasien di RS tersebut aman. "Itu tidak ada masalah, kami punya backup data, jadi aman," katanya.


(jor/fjp)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed