detikNews
Sabtu 13 Mei 2017, 15:18 WIB

JK: Masjid Baiturrahman di Serambi Mekah Bergaya Madinah

Agus Setyadi - detikNews
JK: Masjid Baiturrahman di Serambi Mekah Bergaya Madinah Masjid Baiturrahman (Agus/detikcom)
Jakarta - Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, Aceh, selesai bersolek. Wakil Presiden Jusuf Kalla memuji keindahan rumah ibadah tersebut yang kini menyerupai Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi.

"Masjid Raya Baiturrahman di Serambi Mekah dengan gaya Madinah (Masjid Nabawi). Jadi lengkap," kata Wapres JK saat meresmikan Masjid Baiturrahman, Sabtu (13/5/2017).

Peresmian ini ditandai pemukulan tambo. Wapres JK beserta istri Mufidah Jusuf Kalla masuk ke lokasi acara didampingi Gubernur Aceh Zaini Abdullah. Seusai peresmian, salah satu payung terbuka secara perlahan.

Menurut JK, setelah adanya pembangunan landskap dan infrasktruktur ini, Masjid Baiturrahman mampu menampung lebih banyak jemaah. Ke depan, di bawah payung juga dapat digunakan masyarakat untuk beribadah.

JK juga mengimbau masyarakat tidak hanya terpana oleh keindahan Masjid Baiturrahman, tapi juga harus memakmurkannya dalam arti semakin ramai masyarakat yang beribadah di masjid ala Nabawi tersebut.

"Tentu barulah lengkap apabila kemakmuran masjid ini sejalan dengan keindahannya," ucap JK.

Menurut Wapres, masjid, selain sebagai tempat salat dan ibadah, dapat dipergunakan untuk memperdalam ilmu agama. Pada zaman Rasulullah, kata JK, masjid juga digunakan untuk semua aspek kemasyarakatan, termasuk tempat permusyawaratan, perundingan, dan mengambil strategi.

"Begitu juga dengan Masjid Baiturrahman," kata JK.

Saat ini, Masjid Baiturrahman dilengkapi 12 payung ala Masjid Nabawi di Madinah. Pekarangan yang dulunya rumput hijau kini berganti marmer. Sebuah kolam dibangun di halaman depan untuk memperindah masjid kebanggaan masyarakat Tanah Rencong ini.

Sasaran pembangunan tahap pertama ini adalah melebarkan halaman dan memasang 12 unit payung elektrik. Enam payung dipasang di sebelah selatan dan sisanya di utara masjid. Selain itu, proyek senilai Rp 458 miliar ini mencakup pembangunan basement sebagai lokasi parkir mobil dan sepeda motor. Dalam perencanaannya, area parkir bawah tanah ini bisa menampung 254 mobil dan 343 sepeda motor.

Di basement itu juga dilengkapi tempat wudu serta toilet pria dan wanita. Semua bahannya terbuat dari batu marmer Italia atau Spanyol. Pemerintah Aceh memang membuat landskap ini sehingga mirip dengan Masjid Nabawi.

Sedangkan untuk bagian atas, pada pinggiran halaman ditanami 33 pohon kurma dan satu pohon geulumpang. Sedangkan di tengah halaman, dibangun kawasan hijau dengan cara menanam rumput hijau dan berbagai jenis bunga berwarna-warni.

Pembangunan infrastruktur ini juga ramah disabilitas. Dari basement menuju plaza atau pekarangan, terdapat beberapa lift. Wisatawan yang berkunjung ke sana dapat menikmati keindahan Masjid Baiturrahman dari berbagai sudut.
(rvk/rvk)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com