DetikNews
Kamis 11 Mei 2017, 16:56 WIB

Polisi Buru Rekan Pelaku Curanmor yang Ditembak Mati di Koja

Jabbar Ramdhani - detikNews
Polisi Buru Rekan Pelaku Curanmor yang Ditembak Mati di Koja Foto: Ilustrasi oleh Edi Wahyono/detikcom
Jakarta - Seorang pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor) di Koja, Jakarta Utara tewas setelah terlibat baku tembak dengan polisi. Diketahui, pelaku bernama Sopyan (17) beraksi bersama satu temannya yang saat ini masih dicari polisi.

"Tersangka yang kemarin tewas bernama Sopyan. Dia tidak bekerja, dan orang Lampung. Satu pelaku lainnya masih kita cari," kata Kapolsek Koja Kompol Supriyanto saat dikonfirmasi, Kamis (11/5/2017).

Dia mengatakan, kedua pelaku berasal dari kelompok Lampung. Kelompok ini dikenal tega melukai korban bila aksinya diketahui warga.

"Ya, dari Lampung. Dia ini, kelompok Lampung kalau kepergok pasti ngelukain (korban) dia. Karakteristiknya begitu," ujarnya.

Dalam kasus ini, pelaku menggunakan senjata api rakitan. Dengan senjata tersebut, pelaku menggunakan untuk menembak warga dan menyerang petugas.

Peristiwa baku tembak ini terjadi sekitar 30 menit. Pelaku yang berdiri di atap sebuah rumah berlantai dua berkali-kali membalas tembakan petugas. Polisi pun mengantongi barang bukti berupa selongsong peluru pelaku dan peluru yang belum digunakannya.

"Dia pakai senjata rakitan. Ada peluru yang belum dipakai ada 12 butir. Selongsong yang ditemukan ada 6, tapi mungkin lebih ya. Karena kan dia isi ulang beberapa kali. Yang di dalam magasin ada sisa satu peluru," tutur Supriyanto.

Peristiwa ini terjadi pada Rabu (10/5) sekitar pukul 20.00 WIB di Jalan Pasar Krisan RT 06/06 No. G1, Rawa Badak Utara, Koja, Jakut. Selain senpi rakitan dan peluru, polisi mengamankan barang bukti berupa satu unit motor Honda Scoopy merah hitam dengan nomor polisi B-3069-UH milik Hendra Suhendra.

Seorang warga bernama Setiawan alias Iwan terkena luka tembak di paha bagian kiri. Selain itu ada anggota Polsek Koja bernama Pardiwiyanto yang juga terkena tembak oleh pelaku.
(jbr/jor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed