DetikNews
Rabu 10 Mei 2017, 17:00 WIB

Penjelasan Lengkap Polri soal Pemindahan Ahok ke Mako Brimob

Cici Marlina Rahayu - detikNews
Penjelasan Lengkap Polri soal Pemindahan Ahok ke Mako Brimob Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rikwanto (Kanavino Ahmad Rizqo/detikcom)
FOKUS BERITA: Ahok Dieksekusi
Jakarta - Gubernur nonaktif DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) ditahan di Rutan Cipinang sebelum dipindahkan ke Mako Brimob, Kelapa Dua. Karo Penmas Humas Polri Brigjen Rikwanto mengatakan alasan Ahok dipindah adalah simpatisan yang cukup banyak.

"Kenapa? Memang karena banyak simpatisan Ahok yang mengikuti beliau ke Cipinang. Waktu diperintahkan ke Cipinang, mereka berbondong-bondong, dan kebanyakan wanita serta anak-anak di depan Cipinang, itu kan jalan umum dan padat," kata Rikwanto saat ditemui di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo Nomor 3, Selong, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (10/5/2017).

Rikwanto mengatakan simpatisan Ahok banyak melakukan acara dari sore hingga malam. Hal ini cukup mengganggu aktivitas masyarakat di sekitar Rutan Cipinang.

"Mereka dari sore sampai malam, cukup banyak, bawa macam-macam, ada bunga dan lilin. Ternyata itu cukup mengganggu aktivitas masyarakat dan membuat lalu lintas menjadi macet," ujarnya.

"Bahkan kita beberapa kali mengajak serta memperingatkan mereka segera bubar, jam 8 sampai 9 malam baru bisa clear, baru bisa kembali. Kita duga hal ini akan terjadi kembali. Makanya ya kita pindahkan penahanannya ke Mako Brimob," imbuh Rikwanto.

Menurut Rikwanto, lokasi Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, cukup dalam dari jalan raya. Ia juga mengatakan aksi-aksi diprediksi minim karena penjagaan yang ketat.

"Di Mako Brimob cukup ke dalam (lokasinya), walaupun di pinggir jalan, tetapi penjagaannya berbeda. Tentu aksi-aksi nggak terjadi lagi di sana ya, karena tidak bisa dilihat dari dalam dan penjagaannya pasti lebih diperketat," jelasnya.

Rikwanto juga menyampaikan Ahok tidak digabung dengan tahanan Mako Brimob yang lainnya.

"Ya, di rutan Brimob, sendirian," tutupnya.
(rvk/idh)
FOKUS BERITA: Ahok Dieksekusi
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed