DetikNews
Jumat 05 Mei 2017, 18:29 WIB

Penampakan Kericuhan di Dalam Rutan Sebelum Ratusan Tahanan Kabur

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Penampakan Kericuhan di Dalam Rutan Sebelum Ratusan Tahanan Kabur Suasana kericuhan di Rutan Pekanbaru sebelum ratusan tahanan melarikan diri, Jumat, 5 Mei 2017 (Istimewa)
Pekanbaru - Kerusuhan di rutan Pekanbaru di Sialang Bukuk, Kecamatan Tenayan Raya, berujung kaburnya ratusan tahanan, Jumat (5/5/2017). Hingga petang ini, 96 tahanan ditangkap kembali.

Sebelum kabur, para tahanan terlibat kericuhan. Menurut Direktur Jenderal Pemasyarakatan (PAS) Kemenkumham I Wayan Kusmiantha Dusak, tahanan 'berdemo' menuntut perbaikan fasilitas di rutan, seperti masalah kamar dan air.

"Ini akumulasi dari persoalan," kata Dusak saat dimintai konfirmasi detikcom. Dusak menyebut rutan tersebut disesaki 1.870 tahanan, padahal kapasitasnya hanya 300 tahanan.

Foto di atas menunjukkan momen para tahanan tengah berkerumun. Ada yang berkacak pinggang, berteriak, dan menunjuk sesuatu seperti sedang marah.

Berdasarkan data di Ditjen Pemasyarakatan, kerusuhan itu berujung kaburnya tahanan sekitar pukul 12.30 WIB. Mereka menjebol pintu, kemudian secepat kilat mengambil 'langkah seribu'. Sebagian di antaranya sudah ditangkap. Ada yang dibekuk di perbatasan Pekanbaru-Pelalawan, yang berjarak 30 kilometer dari rutan.
(try/try)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed