DetikNews
Jumat 05 Mei 2017, 18:30 WIB

Polda Riau: Tahanan yang Kabur Kebanyakan Kasus Narkoba

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Polda Riau: Tahanan yang Kabur Kebanyakan Kasus Narkoba Suasana di Rutan Sialang Bukuk Pekanbaru (Chaidir Anwar T/detikcom)
Pekanbaru - Polda Riau memperkirakan paling sedikit 200 tahanan di Rumah Tahanan (Rutan) Sialang Bukuk, Pekanbaru, Riau, kabur. Sebagian besar tahanan yang kabur merupakan tahanan kasus narkoba.

Kabid Humas Polda Riau Kombes Guntur Aryo Tejo mengungkapkan hal itu kepada detikcom, Jumat (5/5/2017), di Rutan Sialang Bukuk, Pekanbaru. Guntur mengatakan, selain kasus narkoba, tahanan lainnya terlibat tindak pidana umum.

"Dari sejumlah informasi yang kita kumpulkan, sebagian besar yang kabur terlibat narkoba dan tindak pidana umum," kata Guntur.

Menurut Guntur, diperkirakan masih ada tahanan lain yang belum bisa ditangkap.

"Tim kita masih berusaha untuk mencari yang lainnya. Kalau data sementara ini, diperkirakan sudah ada 120 tahanan yang sudah berhasil ditangkap," ucap Guntur.

Direktur Jenderal Pemasyarakatan (PAS) Kemenkumham I Wayan Kusmiantha Dusak menyebut tahanan kabur setelah menyampaikan tuntutan, terutama soal fasilitas di rutan. Rutan yang kini disesaki 1.870 tahanan itu sebenarnya hanya punya daya tampung untuk 300 tahanan.

"Ada beberapa masalah, sesuai dengan tuntutan, misalnya air, masalah kamar, kan itu kapasitas 300 isi 1.800-an, tuntutan soal pungutan segala, fasilitas, semuanya menurut versi mereka. Ini akumulasi dari persoalan," ujar Dusak.

Hingga Jumat (5/5) sore, sudah ada 96 tahanan Rutan Pekanbaru di Jl Sialang Bungkuk, Tenayan Raya, Pekanbaru, yang berhasil ditangkap. Mereka langsung ditempatkan ke sejumlah lapas/rutan lainnya.
(cha/ams)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed