DetikNews
Jumat 05 Mei 2017, 18:01 WIB

Pungli Diduga Picu Ricuh Berujung Kaburnya Tahanan Rutan Pekanbaru

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Pungli Diduga Picu Ricuh Berujung Kaburnya Tahanan Rutan Pekanbaru Rutan Pekanbaru di Sialang Bungkuk, Tenayan Raya (Foto: Chaidir Anwar T/detikcom)
Pekanbaru -

[Gambas:Video 20detik]

Polda Riau menduga persoalan pungutan liar juga memicu kemarahan tahanan Rutan Kelas IIB Pekanbaru di Jl Sialang Bungkuk, Tenan Raya, hingga akhirnya kabur. Pungli ini diduga dilakukan oknum sipir.

"Banyak faktor yang menyebabkan terjadi keributan itu. Selain soal over kapasitas, ada juga dugaan pungli," kata Kabid Humas Polda Riau, Kombes Guntur Aryo Tejo kepada detikcom di Rutan Pekanbaru, Jumat (5/5/2017).

Polisi menurut Guntur masih mendalami dugaan pungli tersebut. Selain itu diduga ada persoalan pembedaan perlakuan antara tahanan pidana umum dengan tahanan pidana korupsi.

"Ini juga salah satu faktor lainnya," kata Guntur.

Direktur Jenderal Pemasyarakatan (PAS) Kemenkum HAM I Wayan Kusmiantha Dusak, sebelumnya menyebut tahanan kabur setelah sebelumnya menyampaikan tuntutan terutama soal fasilitas di rutan. Rutan yang kini disesaki 1.870 tahanan sebenarnya hanya punya daya tampung untuk 300 tahanan.

"Ada beberapa masalah, sesuai dengan tuntutan misalnya air, masalah kamar kan itu kapasitas 300 isi 1.800-an, tuntutan soal pungutan segala fasilitas semuanya menurut versi mereka. Ini akumulasi dari persoalan," ujar Dusak.

Hingga, Jumat (5/5) sore, sudah ada 96 orang tahanan Rutan Pekanbaru di Jl Sialang Bungkuk, Tenayan Raya, Pekanbaru, yang berhasil ditangkap. Mereka langsung ditempatkan ke sejumlah lapas/rutan lainnya.
(cha/fdn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed