DetikNews
Jumat 05 Mei 2017, 17:46 WIB

Ratusan Tahanan Kabur, Ada yang Dibekuk pada Jarak 30 Km dari Rutan

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Ratusan Tahanan Kabur, Ada yang Dibekuk pada Jarak 30 Km dari Rutan Salah satu tahanan Rutan Pekanbaru yang berhasil ditangkap sesaat setelah melarikan diri, Jumat, 5 Mei 2017 (Istimewa)
Pekanbaru - Ratusan tahanan Rutan Pekanbaru di Sialang Bungkuk, Kecamatan Tenayan Raya, kabur hari ini, Jumat (5/5/2017), sekitar pukul 12.30 WIB. Sebanyak 70 di antaranya berhasil ditangkap lagi 2-3 jam kemudian. Ada yang kaburnya sudah jauh.

"Ada yang sampai di perbatasan Pekanbaru-Pelalawan," kata Kasat Reskrim Polresta Pekanbaru Kompol Bimo Aryanto kepada detikcom. Tak dijelaskan apakah tahanan tersebut naik kendaraan atau jalan kaki.



Bimo menyebut Sei Kijang Mati. Kawasan ini masuk Kabupaten Pelalawan, yang berbatasan langsung dengan Kota Pekanbaru. Jarak rutan ke Sei Kijang Mati diperkirakan 30 kilometer. Kecil kemungkinan ditempuh dengan cara berjalan kaki atau berlari dalam hitungan 2-3 jam.

"Total yang melarikan diri, kami tidak tahu. Yang jelas, 70 di antaranya sudah diamankan," kata Bimo.

Bimo menjelaskan tahanan yang sudah ditangkap langsung dikembalikan ke rutan.

Sekitar pukul 17.00 WIB, mobil polisi, TNI, damkar, dan lain-lain memenuhi jalan sekitar rutan. TNI juga turun tangan.

Berdasarkan data Ditjen Pemasyarakatan, ratusan tahanan melarikan diri sekitar pukul 12.30 WIB setelah terlibat kerusuhan terkait dengan fasilitas rutan. Kemudian mereka kabur melalui pintu rutan. Rombongan tahanan kabur membuat geger warga sekitar. Mereka khawatir terjadi aksi brutal.
(cha/try)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed