DetikNews
Kamis 04 Mei 2017, 09:46 WIB

Perbaiki Jembatan Ambles di Depok, Pekerja Alihkan Air Sungai

Bartanius Dony - detikNews
Perbaiki Jembatan Ambles di Depok, Pekerja Alihkan Air Sungai Perbaikan jembatan Kali Krukut di Depok, Kamis (4/5/2017). Foto: Bartanius Dony/detikcom
Jakarta - Jembatan Kali Krukut di Depok yang ambles kini dalam perbaikan. Para pekerja tengah berupaya mengalihkan aliran Kali Krukut agar tidak terus menggerus bagian bawah jembatan.

"Ini kita belokin airnya, biar nggak ganggu kerjaan," kata Keyo, salah satu pekerja di lokasi kejadian, Jalan Pitara Raya, Depok, Jawa Barat, Kamis (4/5/2017).

Terlihat sejumlah petugas sedang membendung air dengan menggunakan peralatan seadanya. Mereka menggunakan potongan bambu dan tripleks untuk membangun 'dinding' bendungan. Mereka juga meletakkan karung-karung berisi tanah untuk membelokkan aliran air.

 Perbaikan jembatan Kali Krukut di Depok, Kamis (4/5/2017) Perbaikan jembatan Kali Krukut di Depok, Kamis (4/5/2017) Foto: Bartanius Dony/detikcom


Keyo menjelaskan, perbaikan ini ditargetkan akan selesai dalam waktu dua minggu ke depan.

Berdasarkan pantauan detikcom, warga menggunakan titian yang terbuat dari kayu untuk menyebrangi jembatan yang amblas. Terlihat beberapa anak sekolah pun terpaksa harus melewati titian itu.

Jalan Pitara Raya merupakan jalan utama penghubung daerah Cipayung dengan Kota Depok. Jalan ini juga merupakan trayek angkutan umum 07 yang menguntungkan Pasar Citayam dengan Terminal Depok.

 Perbaikan jembatan Kali Krukut di Depok, Kamis (4/5/2017) Perbaikan jembatan Kali Krukut di Depok, Kamis (4/5/2017) Foto: Bartanius Dony/detikcom


Para pengguna angkutan umum (angkot) pun terpaksa harus pindah angkot saat melewati jembatan yang terputus ini. "Dari kemarin begini mas, pindah-pindah angkot," kata seorang ibu yang sedang melewati jembatan itu.

Jembatan ini mulai ambles pada Selasa (2/5) malam. Berdasarkan pengakuan warga, jembatan ini dibangun sejak tahun 1980-an, namun baru sekali ini jembatan ambles. Tidak ada korban saat kejadian amblesnya jembatan.

Warga harus berpindah angkot karena amblesnya jembatan di DepokWarga harus berpindah angkot karena amblesnya jembatan di Depok Foto: Bartanius Dony/detikcom




(brt/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed