DetikNews
Selasa 02 Mei 2017, 18:18 WIB

250 Komunitas Ramaikan Pesta Pendidikan 2017 di RPTRA Kalijodo

Jabbar Ramdhani - detikNews
250 Komunitas Ramaikan Pesta Pendidikan 2017 di RPTRA Kalijodo Foto: Pesta Pendidikan di RPTRA Kalijodo. (Jabbar/detikcom)
Jakarta - Sebanyak 250 komunitas ikut meramaikan Pesta Pendidikan yang digelar di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Kalijodo. Kegiatan ini untuk menunjukkan kontribusi komunitas dalam mewujudkan pendidikan Indonesia yang lebih baik.

"Tujuan kita berkumpul adalah merayakan semua karya nyata dan semua inovasi dan solusi yang selama ini sudah dilakukan oleh komunitas. Organisasi pendidikan yang ikut di Pesta Pendidikan hari ini ada 250 komunitas dan organisasi pendidikan yang setiap hari melakukan sesuatu untuk meningkatkan akses dan kesetaraan di pendidikan Indonesia," kata penggagas Gerakan Pesta Pendidikan Najeela Shihab di lokasi, Jalan Kepanduan II, Penjaringan, Jakarta Utara, Selasa (2/5/2017).

Dia mengatakan, acara ini diharapkan menjadi inspirasi bagi orang lain untuk ikut berkontribusi pada dunia pendidikan. Di sini para komunitas juga akan menunjukkan kegiatan-kegiatan yang sudah dilakukan mereka.

"Jadi kita punya banyak alasan untuk berpesta tentunya. Hingga waktunya berhenti mengeluh dan berfokus pada aksi yang sebetulnya kita berdaya melakukan sesuatu," ucap dia.

Pesta Pendidikan di RPTRA Kalijodo.Pesta Pendidikan di RPTRA Kalijodo. Foto: Jabbar/detikcom


Najeela memaknai Pesta Pendidikan ini sebagai ruang semua orang untuk memposisikan diri sebagai murid. Dalam Pesta Pendidikan ini, banyak isu yang dimunculkan.

Isu-isu yang dimunculkan ini menurutnya tanpa disadari berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Sehingga, pendidikan yang dimaksud tidak harus dilakukan di dalam kelas.

"Di jaringan Pesta Pendidikan, itu banyak sekali isu yang dibahas. Misalnya pendidikan seni, pendidikan tentang keragaman, pendidikan dalam kaitannya dengan literasi dan dunia digital. Kita bicara tentang pendidikan guru, murid, dan juga pendidikan keluarga," ujarny.

"Jadi memang isu pendidikan ini disadari atau tidak, adalah sesuatu yang sangat berkaitan degan kehidupan kita semua. Walaupun tidak setiap hari ada di dalam kelas setiap hari," sambung Najeela.

Selain itu, dia menjelaskan dalam kegiatan ini dapat dipetik semangat kerja bersama. Menurutnya dengan membentuk kegiatan bersama, secara tidak langsung jadi sarana saling belajar.

"Yang ketiga dalam Pesta Pendidikan adalah semangat barengannya. Prinsipnya, saat kita melakukan sesuatu barengan itu sebetulnya kita bisa saling belajar satu sama lain, kita bisa saling berkolaborasi. Sejak tahun lalu sampai saat ini, sudah banyak aksi-aksi publik yang sebetulnya muncul insiatif-inisiatif yang semula dilakukan sendirian, kemudian dilakukan barengan," tuturnya.

Dalam kegiatan ini, turut hadir Duta Baca Indonesia Najwa Shihab dan Wakil Ketua KPK Saut Situmorang. Selain itu juga ada tokoh hiburan seperti Tulus, Soleh Solihun, Christian Sugiono, Indra Bekti, Endah n Rhesa, Raffi Ahmad-Nagita Slavina, Indi Barenz dan Glenn Fredly.
(jbr/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed