DetikNews
Selasa 02 Mei 2017, 18:21 WIB

Soal Wakil di Pansus Angket KPK, Demokrat Putuskan Usai Rakernas

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Soal Wakil di Pansus Angket KPK, Demokrat Putuskan Usai Rakernas Foto: Fraksi Demokrat berikan keterangan pers. (Gibran Maulana/detikcom)
Jakarta - Partai Demokrat (PD) merupakan salah satu Fraksi yang menolak pengguliran hak angket ke KPK. Meski demikian, Fraksi PD DPR masih akan melihat perkembangan sebelum menentukan akan mengirim wakil di pansus atau tidak.

"Nanti kami diskusikan dan cermati dulu usulannya, kami belum pelajari. Akan dibahas menjadi salah satu materi penting dalam Rakernas PD di Lombok tanggal 7-8 Mei ini," ujar Wakil Ketua Fraksi PD, Benny K Harman kepada wartawan, Selasa (2/5/2017).

Saat ditanya lebih lanjut, Wakil Ketua Komisi III DPR ini menyebut partai masih akan mempelajari angket KPK tersebut. Benny sekarang sedang melakukan kunjungan kerja sehingga belum bisa memutuskan apapun.

"Belum tahu, kami lagi kunker. Belum pelajari soal itu," ucapnya.

Pembentukan soal pansus setelah usulan hak angket diterima DPR diatur dalam Pasal 201 UU no 17 tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPRD, dan DPD (MD3). Aturan ini menyatakan keanggotaan panitia angket harus terdiri atas semua unsur fraksi DPR.

Fraksi-fraksi yang menyatakan menolak angket KPK adalah Gerindra, Demokrat, PKB, PKS, PAN, dan PPP. KPK berharap fraksi-fraksi itu konsisten.

Gerindra, PKB, dan PKS telah menyatakan tidak akan mengirim perwakilan fraksi ke panitia angket. Ini dilakukan agar hak angket tidak lagi bergulir. Sementara PPP dan PAN yang juga menyatakan menolak angket, masih mempertimbangkan apakah akan mengirim perwakilan atau tidak.
(gbr/elz)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed